4 Tips Aman Berenang di Kolam Umum saat Era New Normal, Tetap Jaga Jarak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keluarga berenang. jjbpools.com

Ilustrasi keluarga berenang. jjbpools.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda berencana dengan keluarga berenang di kolam renang umum akhir pekan esok? Sebelum memutuskan untuk melakukannya, sangat disarankan agar tetap berhati-hati dan menjaga diri sebab berbagai risiko untuk terjangkit virus corona masih tinggi. Situs Daily Mail dan Washington Post pun membagikan beberapa tips aman berenang di era new normal.

Tips aman berenang di era New Normal

1. Pastikan tubuh sehat sebelum pergi

Sebelum pergi berenang, ahli imunologi Robert Quigley mengimbau untuk menganalisis kondisi tubuh terlebih dulu. Jika dirasa ada demam, meriang, sakit kepala, atau gejala apapun yang menandakan tubuh tidak prima, sebaiknya aktivitas berenang ditunda.

“Jika sedang tidak enak badan, artinya imun tubuh sedang melemah sehingga sangat disarankan untuk di rumah saja. Begitu pula jika demam karena bisa saja Anda menularkan atau bahkan tertular Covid-19 dari pengunjung lain,” jelasnya.

2. Selalu menjaga jarak di dalam maupun luar air

Apabila memang sehat dan tetap pergi berenang, Quigley juga mengingatkan pentingnya selalu menjaga jarak. Ini berlaku tidak hanya di darat, namun juga di dalam air.

“Kita tahu virus corona ditularkan dengan sangat efektif melalui aerosol (partikel cair atau padat yang tersuspensi di udara). Jadi, mau di dalam maupun luar kolam, Anda tetap wajib mematuhi aturan jarak enam kaki dari pengunjung lain,” ungkapnya.

3. Hindari meminjam peralatan renang

Presiden StarGuard Elite, sebuah perusahaan yang mengembangkan pelatihan dan operasi keselamatan untuk fasilitas akuatik, Wess Long, juga menyarankan agar setiap pengunjung membawa peralatan renang sendiri. Tujuannya agar tidak bergantian memakai fasilitas umum sehingga risikonya semakin besar untuk terinfeksi virus maupun bakteri.

“Hindari meminjam pelampung, ban, kacamata renang, ataupun peralatan lain. Jika memang terpaksa, pastikan itu sudah dibersihkan lewat penggunaan disinfektan agar kuman dan bakteri mati sebelum digunakan,” paparnya.

4. Pakai masker saat berada di sekitar kolam

Buat yang sekadar mengantar atau belum siap masuk ke kolam renang, menggunakan salah satu alat pelindung diri, yakni masker, pun tetap perlu dilakukan. “Setiap orang yang tidak ada di dalam kolam renang wajib menggunakan masker. Tapi bagaimana itu diterapkan dan ditegakkan benar-benar tergantung pada setiap fasilitas,” pungkasnya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."