6 Inspirasi Menata Interior Rumah Modern Bergaya Klasik

Ilustrasi ruang santai di rumah (Pixabay.com)

ragam

6 Inspirasi Menata Interior Rumah Modern Bergaya Klasik

Minggu, 9 Agustus 2020 16:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Detail interior bergaya klasik bisa diterapkan di segala ruangan rumah bergaya apa pun, termasuk modern. Detail dan ornamen elegan dari gaya klasik akan selalu menarik perhatian. Ketika dikombinasikan dengan gaya modern, maka akan tercipta kesan yang glamor dan sleek. Namun ada trik yang perlu Anda perhatikan ketika akan memadukan kedua gaya populer ini.

Anda perlu menentukan gaya apa yang menjadi landasan dasarnya. Apakah modern yang dilengkapi elemen klasik, atau sebaliknya, gaya klasik sebagai dasar dengan dekorasi modern. 

Berikut 6 inspirasi interior rumah modern bergaya klasik

1. Desain Klasik dalam Ruangan Besar

Bangunan dengan desain klasik umumnya memiliki ruangan berukuran besar yang mampu menampung furnitur yang juga berukuran besar. Untuk rumah modern dengan ukuran ruangan yang terbatas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kesan ruangan berukuran super besar. Buatlah langit-langit ruangan beserta jendela kaca yang tinggi. 

Contohnya seperti ruang tamu rumah modern ini. Selain furnitur bergaya klasik, juga ditempatkan dengan pengaturan klasik yang rapat ke dinding. Satu-satunya sentuhan modern dalam ruangan ini adalah lampu gantung super besar dengan bentuk yang unik. Lampu gantung ini melembutkan kesan formal dari penataan dan penggunaan furnitur klasik yang ada.

2. Sentuhan Klasik dengan Furnitur Berukuran Besar

Ciri khas menonjol desain interior gaya klasik adalah penggunaan furnitur berukuran besar. Seperti ruang kerja dalam rumah modern klasik berikut ini. Sangat jelas varian kursi berperan mempertegas kesan klasik yang diinginkan. Perabot yang memperkuat gaya klasik berupa dua buah kursi wingback chair warna beige dengan sandaran yang lebar dan empuk, sofa beludru biru, dan kursi eksekutif cokelat tua.

Tidak hanya itu, sentuhan klasik juga hadir dalam pemilihan warna-warna klasik seperti cokelat gelap pada bahan kulit, warna beige, serta warna biru cobalt gelap.

3. Pemanfaatan Elemen Interior Klasik

Salah satu cara termudah untuk memberikan sentuhan klasik yang super stylish dalam rumah modern dengan menggunakan elemen khas klasik. Dalam kamar tidur ini, elemen klasik yang diterapkan adalah jendela tinggi model lengkung yang mengingatkan pada desain kastil dan bangunan tempo dulu.

Kemudian, headboard yang besar dan tinggi menandakan desain klasik yang diterapkan dengan cara yang modern. Sentuhan warna emas pada lampu dan berbagai aksesoris lainnya membuat ruangan terasa lebih mewah. Sementara, keseragaman warna birunya berhasil menciptakan nuansa yang nyaman.

4. Permainan Warna pada Desain Rumah Modern Klasik

Saat mendesain ruangan untuk rumah modern klasik, kedua gaya dituangkan pada pemilihan furnitur dan penggunaan warna. Apabila Anda menggunakan landasan gaya modern, desain furnitur yang dipergunakan lebih mengarah ke arah modern minimalis tanpa adanya ukiran. Namun, dari segi warna, kombinasi warna yang dipilih lebih mengarah ke arah klasik, seperti warna merah gelap dengan latar warna hitam, abu-abu, dan juga putih.

5. Aksesori Tradisional Klasik dalam Rumah Modern

Inspirasi interior modern klasik berikutnya memasukkan beberapa aksesori tradisional klasik ke dalamnya. Tampak jelas pada pembatas ruangan yang hadir dengan ornamen ukiran besar, lampu gantung klasik, hingga poci teh memberikan sentuhan klasik yang manis dalam hunian.

Sementara, sentuhan modern terlihat jelas dari pemilihan material seperti material granit yang mengkilat sebagai meja dan tekstur pada dinding ruangan.

6. Penataan Klasik Aksesori Hitam Putih dalam Rumah Modern Klasik

Material dengan sentuhan finishing glossy secara efektif merepresentasikan desain modern dalam ruang makan ini. Di sisi lain, sentuhan klasik dihadirkan dalam beberapa elemen seperti kursi makan Eames putih, lampu gantung kristal, dan juga layout klasik bingkai foto hitam putih pada dinding aksen hitam.

Baca juga: 6 Tips dan Trik Menata Ruang Keluarga Bergaya Boho Chic

ARSITAG