7 Ide Interior Rumah Bernuansa Hijau Tua, Tegas dan Classy

Ilustrasi desain interior rumah. Shutterstock

ragam

7 Ide Interior Rumah Bernuansa Hijau Tua, Tegas dan Classy

Minggu, 5 Juli 2020 11:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Warna hijau kerap dipilih saat menata interior rumah. Sebab warna hijau melambangkan alam, kesuburan, dan harmoni. Selain itu, hijau dipercaya meningkatkan perasaan bangga, bahagia, dan mampu membangkitkan energi dan rasa aman. 

Ada beragam intensitas dan gradasi warna hijau. Salah satunya hijau tua yang bisa  membentuk kesan yang lebih tegas dan berkelas atau classy. Untuk mengaplikasikan hijau tua pada interior rumah tak melulu berkuta pada cat dinding, bisa juga diterapkan pada seprai, sofa, ataupun kabinet dapur.

Tergoda menggunakan warna hijau untuk interior rumah? Berikut beberapa inspirasi perpaduan warna hijau tua yan bisa Anda sontek

1. Kombinasi Warna Hijau Tua dengan Orange

Meski warna putih yang netral akan membuat warna hijau lebih terasa, jangan takut bermain dengan warna-warna yang lebih berani. Warna-warna bunga yang cerah seperti orange atau pink juga sangat cocok dipadukan dengan lembutnya hijau, lho. Bila perlu, tambahkan warna netral seperti hitam atau putih untuk menciptakan keseimbangan.

2. Kombinasi Warna Hijau Tua dengan Putih

Apabila Anda ingin bermain aman, sebaiknya Anda memilih warna netral seperti putih. Paduan hijau tua dengan warna putih memberikan kesan segar sekaligus bersih. Mengaplikasikan warna hijau pada satu sisi dinding saja sudah cukup memberikan statement tegas di ruang keluarga Anda.

Sempurnakan ruang keluarga hijau tua dengan aksesoris lain yang senada dengan warna dinding.  

3. Kombinasi Warna Hijau Tua dengan Merah dan Ungu

Penggunaan warna hijau tua sendiri sebenarnya sudah memberikan kesan mewah ke dalam ruangan Anda. Beberapa warna yang cocok dengan hijau tua adalah merah atau ungu. Paduan keduanya akan memberikan kesan cerah, sekaligus berani.

Tidak perlu memasukkan terlalu banyak unsur merah. Penambahan sofa atau lemari dengan warna lain akan membuat interior hijau Anda tampil lebih memukau.

4. Desain Interior Dapur Hijau Tua

Untuk dapur, penggunaan warna hijau dapat lebih bebas lagi Anda sesuaikan dengan selera. Hadirkan sentuhan hijau tua pada kabinet-kabinet dan lemari tempat penyimpanan di dapur. Backsplash putih menihilkan kemungkinan kesan suram dari dominasi warna gelap.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kayu untuk Menciptakan Suasana Hangat di Dapur

Tambahan pula, kabinet dengan finishing cat duco yang mengkilap menyempurnakan kesan elegan yang diinginkan.

5. Desain Interior Ruang Makan Hijau Tua

Ruang makan dengan dinding hijau tua ternyata cocok dipadukan dengan sebuah meja kayu. Kursi plastik putih dengan karpet monokrom hitam putih menyulap ruangan tak lagi monoton. Interior hijau tua makin segar dengan tambahan beberapa tanaman indoor.

6. Desain Interior Ruang Tamu Hijau Tua

Kalau Anda baru berniat memberikan sentuhan warna hijau tua ke dalam rumah namun tak ingin repot-repot mengganti warna cat dinding, mengganti sofa adalah cara paling mudah. Dialasi dengan karpet putih yang cantik dan dikelilingi dinding putih, sofa di ruang tamu ini sontak menjadi pusat perhatian siapa pun yang memasuki rumah Anda. Pilih bahan beludru untuk tampilan yang semakin berkelas.

7. Desain Interior Kamar Tidur Hijau Tua

Ide cat hijau tua yang berikutnya mempersilakan Anda memulai dari dasar, yakni dengan mengecat dinding dengan warna hijau tua di seluruh ruangan. Sang desainer memilih warna hitam untuk furnitur dan karpet berwarna krem sebagai penawar kesan suram. Perpaduannya tampak mewah meskipun cukup simpel. Kamar tidur berwarna lebih gelap dipercaya memberikan pengalaman tidur yang lebih nyenyak dan nyaman.

ARSITAG