6 Tips dan Trik Menata Ruang Keluarga Bergaya Boho Chic

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ruang keluarga boho chic yang berkarakter // Loombrand.com

Ruang keluarga boho chic yang berkarakter // Loombrand.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama di rumah saja, kita bisa mengisi waktu atau mengusir kebosanan dengan menata ulang beberapa area, misalnya ruang keluarga. Sebab ruangan ini paling sering menjadi tempat bertemunya seluruh anggota keluarga.

Jika selama ini Anda memilih gaya natural dan lembut, cobalah gaya boho chic. Ciri desain interior ini menggunakan perabotan yang mengandung unsur vintage, adanya pernak-pernik yang unik, pemanfaatan cahaya alami, serta dekorasi tanaman hijau.

Selain itu, desain bergaya boho chic ini tak membatasi penggunaan warna-warna, pola, maupun detail. Anda bebas berkreasi memaksimalkan apa yang ada dan menciptakan kesan nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Berikut sejumlah tips dan trik menciptakan ruang keluarga boho chic yang kaya warna, pola, dan detail

1. Ruang keluarga boho chic tabrak warna 

Ruang keluarga boho chic dengan warna ceria penuh warna // Homedit.com

Warna-warna yang kontras menyemarakkan ruang keluarga boho chic. Contohnya warna biru, sebagai anggota warna dari kelompok warna dingin dipadukan dengan warna hangat, yakni warna merah muda dan coklat tanah.

Menciptakan sambutan yang hangat dan ramah. Karya seni di dinding sengaja dipasang lebih tinggi dari ketinggian pada umumnya untuk membantu menghadirkan nuansa bohemian yang lebih segar dan hidup.

2. Boho chic nuansa earthy tone yang segar dan natural

Ruang keluarga boho chic warna-warna tanah karya Carina Romano // Apartmenttherapy.com

Penerapan gaya boho chic bernuansa earthy tone di ruang keluarga dapat memadukan unsur warna-warna bumi seperti putih, coklat, oranye, hitam, dan hijau gelap. Warna putih sengaja menjadi latar belakang ruang keluarga, sehingga warna-warna lain tampak menonjol.

Uniknya lagi, warna putih ditampilkan dengan struktur permukaan yang kasar, yakni pada dinding bata ekspos dan langit-langit papan kayu. Seolah memberi sentuhan gaya rustic.

Sedangkan, warna hijau dihadirkan dengan meletakkan pot-pot tanaman hias di berbagai sudut ruang keluarga. Hasilnya, ruang keluarga boho chic ini tampak segar dan natural.

3. Tema black on black

Ruang keluarga boho chic nuansa serba hitam karya Charlotte Synne // Hgtv.ca

Suka dengan warna hitam? Inspirasi yang satu ini layak dipertimbangkan! Meskipun didominasi warna hitam, namun tetap menghasilkan ruang yang nyaman untuk santai bersama keluarga yang jauh dari kesan suram. Cahaya alami yang melimpah telah membuat ruang keluarga terang benderang.

Bantal-bantal sofa aneka warna dan motif juga berhasil menghidupkan suasana. Nuansa bohemian ditonjolkan lewat motif-motif di bantalan sofa, meja kayu, lampu gantung dari rotan, dan dekorasi di dinding.

4. Nuansa warna pastel

Ruang keluarga boho chic mengandalkan warna pastel, karya Janelle Burnett // Hgtv.ca

Apakah warna-warna pastel boleh digunakan pada desain boho chic? Tentu saja boleh. Seperti di ruang keluarga dengan jendela besar ini. Gaya boho chic yang kalem terbentuk berkat penggunaan aneka warna pastel dan kombinasi warna putih di dinding hingga jendela.

Aneka warna pastel kemudian diperkaya dengan unsur-unsur alam seperti penggunaan material kayu warna natural di lantai, karpet bertekstur jerami, dan pot-pot tanaman hijau.

Penempatan tanaman-tanaman hijau tepat di depan jendela kaca berhasil menciptakan daya tarik tersendiri di ruang keluarga dengan sentuhan bohemian. 

5. Permainan warna di latar belakang putih

Ruang keluarga boho chic dominasi warna putih karya Amber Interior Design // kathykuohome.com

Trik mudah yang patut Anda tiru untuk menerapkan desain boho chic di ruang keluarga adalah dengan memilih warna polos atau warna putih pada dinding. Warna putih polos pada dinding akan membuat warna-warna dan aksen apa pun tampak hidup.

Aneka warna dihadirkan lewat bantal-bantal sofa. Sementara itu, kain warna-warni dengan pola etnik yang unik menjadi dekorasi indah di sudut ruangan. Tak berlebihan, dua buah tanaman hijau dalam pot telah menyempurnakan ruangan keluarga yang bikin betah selama di rumah saja.

6. Gaya boho chic hitam dan putih dengan beragam pola

Ruang keluarga boho chic menonjolkan pola hitam dan putih // Hgtv.ca

Permainan warna hitam dan putih di ruang keluarga selanjutnya telah berhasil menciptakan nuansa boho chic dengan sentuhan yang modern. Elemen hitam dan putih ditampilkan melalui beragam pola-pola etnik pada bantalan sofa, karpet, dan juga piring-piring hias.

Unsur alam juga tak dilupakan. Mulai dari penggunaan material kayu di lantai dan kaki-kaki sofa, tangga hias, hingga dekorasi keranjang rotan. Sedangkan, percikan warna-warna terang ditambahkan lewat lukisan dinding abstrak. Simpel namun cantik, bukan? 

Semoga menginspirasi dan membawa suasana baru di rumah Anda.

ARSITAG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."