Cara Mencegah dan Mengatasi Kerutan di Dahi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedih dengan kulitnya yang mulai keriput. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedih dengan kulitnya yang mulai keriput. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kerutan di wajah bisa terus bertambah. Termasuk kerutan berupa garis lurus di dahi yang bisa mengganggu penampilan seseorang. Menurut Deanne Mraz Robinson, asisten profesor klinis dermatologi di Rumah Sakit Yale New Heaven, Amerika Serikat, kerutan di dahi disebabkan oleh gerakan otot dahi yang berulang-ulang.

“Kerutan itu dapat terbentuk sejak usia 20 sampai 30 tahun  tergantung anatomi dan seberapa sering kita menggunakan otot dahi tersebut,” ucap Robinson dikutip dari laman Good Housekeeping pada Jumat, 7 Agustus 2020.

Robinson juga menambahkan, paparan sinar matahari dapat memperburuk kerutan di dahi. Hal ini  karena radiasi sinar ultraviolet atau UV dari matahari akan merusak kolagen sebagai bahan penyusun kulit. Faktor tersebut membuat kerutan di dahi menjadi sulit dihindari. Meskipun demikian, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerutan tersebut. 

4 cara mengatasi kerutan di dahi

1. Produk perawatan kulit penghasil kolagen

Gunakan produk perawatan kulit seperti krim atau serum yang mengandung bahan-bahan penghasil kolagen seperti peptida dan retinol. Peptida sendiri dapat membantu pembentukan kolagen dan elastin, sedangkan retinol, selain memproduksi kolagen juga dapat meningkatkan pergantian sel kulit.

2. Filler

Cara ini harus dilakukan oleh dokter kulit. Dokter dapat mengurangi munculnya kerutan dengan suntikan toksin botulinum seperti botox, disport, xeomin, dan jeuveau.

3. Laser peremajaan Kulit

Perawatan ini dapat mengilangkan kerutan di dahi secara permanen. Laser pelembap kulit seperti fraxel dan picosure dapat merangsang produksi kolagen untuk menghaluskan garis kerutan dari dalam. Sama seperti perawatan penyuntikan, penggunaan laser peremajaan kulit juga harus dilakukan oleh dokter kulit.

4. Menggunakan laser wajah rumahan

Beberapa peralatan dengan teknologi laser untuk menyamarkan kerutan di dahi sudah tersedia di pasaran. Namun perlu ketelitian sebelum membeli alat-alat tersebut. Sebaiknya pilih alat yang sudah direkomendasikan oleh dokter kulit.

Baca juga: Selain Kemerahan, Ini 7 Tanda Kulit Tak Cocok Pakai Skincare Baru

Selain mengatasi kerutan yang sudah terlanjur terbentuk di dahi, simak pula tips pencegahannya. 

  • Gunakan tabir surya secara rutin

Penggunaan tabir surya harian merupakan cara paling penting untuk mencegah kerutan di dahi. "Kunci untuk mencegah garis lurus di dahi adalah dengan menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi setiap pagi, hal ini untuk melindungi kuli t wajah dari sinar UV,” tukas Direktur Good Housekeeping Beauty Lab, Birnur Aral, Ph.D.

  • Konsumsi bahan makanan yang mengandung fitonutrein

Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung fitonutrein seperti kayu manis, oregano, cengkeh, jahe, dan bawang putih dapat membantu mengurangi senyawa kulit yang menurunkan kolagen dan elastin.

MUHAMMAD AMINULLAH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."