Kiat Mengolah Jeroan Daging Kurban Agar Tak Berbau Menurut Chef Stefu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rendang. shutterstock.com

Ilustrasi rendang. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti kita ketahui jeroan daging kurban seperti paru, otak, dan usus biasanya tak dibuang. Organ bagian dalam ini bisa diolah jadi beragam hidangan lezat, mulai dari rendang paru, gulai otak, satai usus, sego babat, satai uritan hingga rempelo ati goreng.

Jika Anda akan mengolahnya, ada trik khusus untuk menghilangkan baunya yang khas. Kuncinya berapa kali merebus dan komponen rempah-rempah di dalam air rebusannya.

President of Association of Culinary Professionals Chef Stefu Santoso mengatakan, perebusan bisa dua hingga tiga kali.

"Sebenarnya yang terbaik jeroan harus dicuci bersih dulu sebelum diolah terutama di dalam usus, kemudian direbus sebentar dengan mempergunakan rempah. Bisa jahe bisa cengkeh kemudian dibuang airnya. Bisa 2-3 kali," kata Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group itu dalam sesi Kuliah WhatsApp (kulwap) bersama media belum lama ini.

Stefu menuturkan, buang air rebusan, lalu rebuslah kembali jeroan dengan garam dan rempah hingga matang. Rempah yang umum digunakan antara lain jahe, sereh, cengkeh, dan kayu manis.

"Airnya dibuang untuk menghilangkan kotoran yang ada kemudian direbus hingga matang dengan garam dan rempah," ungkapnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."