4 Tips Menanam Tanaman Rempah di dalam Pot

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Variasi tanaman dalam pot di sudut ruangan // jacksonvillemag.com

Variasi tanaman dalam pot di sudut ruangan // jacksonvillemag.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berkebun atau bercocok tanam salah satu kegiatan yang disarankan ahli untuk cegah stres dan masalah kesehatan mental lainnya di masa pandemi Covid-19. Salah satu jenis tumbuhan yang bisa ditanam di dalam pot adalah rempah. Selain bisa mempercantik ruangan dapur dan, tanaman ini juga bisa menebarkan aroma segar.

Tertarik mencoba? Berikut sejumlah tips menanam tanaman rempah di rumah menurut Erin Lee, direktur lansekap di Four Seasons Resort Hualalai 

1. Perhatikan kebutuhan air, pupuk, dan menggemburkan tanah supaya subur.

2. Letakkan tanaman rempah di jendela yang terkena sinar matahari atau balkon kecil untuk menambah dekorasi.

3. Pot besar baik untuk pertumbuhan akar dan menjaga kelembapan. Pastikan pot memiliki lubang pembuangan dan cawan untuk diletakkan di bawahnya. Pot yang memiliki tinggi 25 cm dan lebar 25 cm setidaknya dapat menumbuhkan 3 jenis herbal yang berbeda, seperti sepucuk kemangi, satu peterseli, dan 4-5 daun bawang.

4. Jangan terlalu sering menyiram tanaman, tanah butuh oksigen untuk bernapas supaya subur, jadi beri jeda menyirami tanaman. Jenis-jenis tanaman rempah yang bisa dicoba adalah rosemari, tanam di pot dengan pencahayaan penuh sinar matahari. Sage ditanam di pot dan letakkan di tempat yang teduh. Basil atau selasih bisa ditanam di tempat yang penuh cahaya matahari, sama dengan daun timi.

Jika ingin menanam tanaman hias, yang paling mudah tumbuh di dalam ruangan adalah Spathiphyllum, tanaman rambat Golden Pothos, Dracaena marginata, dan jenis Philodendron lain yang merupakan tanaman merambat dengan ukuran berbeda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."