Resep Hari Ini, Bikin Kaldu Shabu-shabu Lezat dari Enno Lerian

Enno Lerian. Instagram.com/@ennolerian

kuliner

Resep Hari Ini, Bikin Kaldu Shabu-shabu Lezat dari Enno Lerian

Senin, 20 Juli 2020 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Resep hari ini menghadirkan bagaimana penyanyi Enno Lerian membuat hidangan shabu-shabu. Hidangan khas Jepang dengan kuah gurih ini cocok disantap untuk makan siang nanti.

Enno Lerian mengatakan, shabu-shabu rumahan buatannya juga lezat seperti hidangan restoran. "Salah satu menu kesukaan Keluarga Soesetyo," kata Enno Lerian dalam video Instagram pada Juni 2020.

Menurut Enno Lerian, unsur penting dalam shabu-shabu adalah membuat kaldu yang mantap. "Ini kunci dari segala kunci supaya kaldu shabu-shabunya terasa nikmat," ujar Enno.

Berikut bahan dan cara membuat shabu-shabu dari Enno Lerian:

  • Air Kaldu

    Masukkan 5 ceker ayam ke dalam 3 liter air. Ceker ayam sudah dikupas kulitnya dan boleh juga digeprek. Rebus dengan kulit dan kepala udang yang juga sudah dibersihkan berkali kali.

  • Masukan 3 lembar daun salam

  • 1 ruas jahe dan sereh

  • Masak dengan api kecil sampai kaldu benar benar keluar.

Untuk bumbu kaldu, panaskan 3 sendok makan minyak wijen, tumis 5 siung bawang putih cincang dan 1 buah bawang bombay. Disusul masukkan udang yang sudah dikupas, masak hingga berubah warna, lalu tuang perlahan air kaldunya.

Shabu-shabu ala Enno Lerian

Sebagai perasa kaldu, masukan 3 sendok makan saus tiram, 1 sendok makan kaldu jamur non-msg, 1 sendok makan dashi stok (kaldu ikan jepang halal) garam dan gula. Bisa juga ditambah kecap asin dan merica sesuai selera.

Sambil menunggu kaldu, siapkan sayuran. Ada bakso shabu, tahu, dan daging iris atau beef slice.

"Untuk topping-nya aku menyiapkan irisan daun bawang, cabe rawit," kata Enno Lerian. "Selamat mencoba."

EKA WAHYU PRAMITA