Tanda Pasangan Cemburu Buta, Ingin Selalu Bersama dan 3 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Rawpixel.com

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Rawpixel.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa di antara kamu dan pasangan yang mudah cemburu? Ada yang bilang cemburu tandanya cinta. Apa iya itu saja penyebabnya? Ternyata tidak. Cemburu juga bisa tanda kurangnya kepercayaan terhadap pasangan, proses dalam hidup dan terhadap diri sendiri. Hal ini yang menghasilkan perasaan insecure atau rasa tidak aman yang melahirkan kecemburuan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dua profesor psikologi Universitas Delaware, Inggris, rasa cemburu bahkan dapat “membutakan” seseorang. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wanita yang dibuat cemburu menjadi mudah teralihkan sehingga mereka tidak mampu menemukan target yang sedang mereka cari dalam penelitian ini.

Penjelasan di atas mungkin bisa sedikit menjustifikasi sebutan “cemburu buta” yang cukup populer di Indonesia untuk menggambarkan perasaan mudah cemburu yang cenderung tidak logis.

Tak jauh berbeda dengan cemburu, penyebab cemburu buta bisa dipicu memiliki riwayat pengabaian, kehilangan, atau pengkhianatan, takut ditinggalkan, adanya ketidakpastian dalam hubungan, merasa insecure, kurang percaya diri, dan terlalu khawatir.  Tak hanya itu, ada tanda-tanda umum cemburu buta lainnya seperti berikut.

Tanda-tanda cemburu buta

1. Ada aturan tentang siapa yang boleh diajak bicara

Salah satu pertanda cemburu buta adalah pasangan mempunyai aturan tentang siapa saja yang boleh Anda ajak berbicara. Alasannya pun berbeda-beda, sering kali seseorang yang mengalami cemburu buta tidak ingin melihat pasangannya bergaul dengan lawan jenis lainnya. 

2. Menjadi cepat marah

Jika pasangan Anda memiliki emosi yang cepat naik, terutama saat mempermasalahkan diri Anda saat bergaul dengan lawan jenis, maka hal tersebut perlu diwaspadai sebagai salah satu tanda cemburu buta.

3. Ingin selalu menghabiskan waktu bersama

Walaupun mungkin terlihat romantis ketika seseorang ingin menghabiskan seluruh waktunya bersama Anda, terkadang kedua individu dalam hubungan membutuhkan privasi masing-masing. Pasangan yang cemburu buta biasanya akan memaksa Anda untuk meninggalkan hobi, pertemanan, pekerjaan, atau aktivitas lain, demi mendapatkan perhatian penuh dari Anda.

4. Menunjukkan tanda-tanda stres

Apakah wajah pasangan Anda terlihat tegang atau mengepalkan tangannya setiap kali Anda berbicara dengan lawan jenis? Jika demikian, ini adalah tanda-tanda cemburu buta yang tidak sehat. Ketegangan yang ditunjukkan pada wajah seseorang dapat dikategorikan sebagai tanda stres. 

Jika sudah begitu, tentu saja cemburu buta bisa merusak hubungan dan mengganggu aktivitas Anda. Selain itu, Anda juga sebaiknya perlu memikirkan kembali hubungan yang sedang dijalani dan mengajak pasangan untuk berbicara seputar masalah ini.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."