10 Ciri Pasangan Berbohong, Amati Caranya Menjawab Pertanyaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bermasalah. Shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bermasalah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat pasangan berbohong, Anda pasti bisa merasakan perbedaannya. Bisa dari intonasi suara, gerak-gerik tubuh, gejolak emosi atau kebiasaan yang berubah. Contoh kebiasaan yang berubah itu bisa jadi caranya merespons pertanyaan. 

Untuk lebih jelasnya, simak ciri-ciri pria sedang berbohong, seperti dilansir Bolde.com

1. Ajukan pertanyaan yang Anda sudah tahu jawabannya

Cara terbaik untuk menemukan pembohong adalah mengetahui bagaimana mengatakan yang sebenarnya. Tanyakan sesuatu yang sebenarnya sudah Anda ketahui kebenarannya. Jika ia berbohong, maka itu satu tanda yang harus diwaspadai.

2. Perhatikan matanya

Kontak mata langsung bukan hal yang bisa dihindari seseorang ketika tengah berbohong. Bila matanya melebar dari sisi ke sisi atau ke atas dan berusaha tidak bertatap mata, itu tanda apa yang dia katakan mungkin tidak sepenuhnya benar.

3. Memainkan mulut

Satu penelitian yang dilakukan di UCLA, California, Amerika Serikat, menemukan bahwa pembohong cenderung memainkan mulut dan bibirnya seolah-olah mencoba menahan kebenaran keluar. Mereka benar-benar akan menutup mulut. Kadangkala mereka juga gagap saat berbicara.

4. Lihat isyarat tubuh

Cara klasik untuk mengetahui apakah seseorang berbohong adalah memperhatikan gerak tubuhnya, apakah gelisah, gemetar kaki, atau tangan gemetar. Kegugupan ini dapat terjadi ketika orang yang umumnya jujur merasa tidak nyaman selama berbohong.

Tentu saja, banyak orang gelisah sebagai kebiasaan atau karena kecemasan sosial, jadi itu mungkin bukan hal yang menentukan apakah dia berbohong atau tidak.

Baca juga: Cara Menghadapi Suami yang Berbohong, Jangan Lupa Evaluasi Diri 

5. Meninggikan suara

Apabila pasangan menjawab pertanyaan dengan nada yang lebih tinggi dari biasanya atau bahkan menaikkan suara sehingga berbicara lebih keras, itu adalah jawaban yang jelas. Ketika pria berbohong dan ditekan, ia akan stres dan pada akhirnya akan meninggikan suaranya untuk menekan stresnya itu.

6. Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan

Taktik menjawab pertanyaan dengan pertanyaan adalah salah satu trik tertua dalam buku pegangan pembohong. Jika seseorang berbohong, ia mungkin bertanya balik kepada Anda.

7. Lama menjawab

Jika perlu lebih dari beberapa detik untuk menjawab pertanyaan, ia tidak berusaha mengingat apa yang terjadi. Ia mencoba memikirkan cerita yang bagus untuk menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

8. Perhatikan tangannya

Dulu dikatakan seseorang menggunakan gerakan tangan tak beraturan ketika berbohong, tetapi penelitian terbaru menunjukkan sebenarnya tidak demikian. Orang-orang yang berbohong akan menggunakan tangan lebih banyak setelah selesai berbicara. Ini karena otak mereka tidak dapat memproses gerakan tangan, menutupi kebenaran, dan mengarang cerita yang Anda percayai pada saat bersamaan.

9. Memberi penjelasan terlalu banyak

Pembohong cenderung memperindah. Saat menceritakan kisah fiksi kepada seseorang, siapa yang tidak ingin menambahkan lebih banyak detail untuk membuatnya tampak lebih realistis? Jika Anda berbicara dengannya dan ia memberi tahu setiap detail sampai ke jenis roti yang dimakan dan seberapa banyak memberi tips pada pelayan, adalah sesuatu yang salah.

10. Diam

Di sisi lain, banyak orang yang sudah terbiasa berbohong dalam hidup akan berpegang teguh pada saat menjawab pertanyaan. Agar kebohongan tidak terbongkar, maka mereka akan menggunakan jawaban satu kata. Taktik ini telah ditemukan digunakan oleh para tahanan dalam interogasi untuk menghindari tuduhan kriminal.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."