Kulit Wajah Sehat Berkilau dalam 14 Hari, Ikuti 5 Tips Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit wajah sehat berkilau didambakan oleh kaum Hawa. Untuk mendapatkan tampilan tersebut, dokter Ella Gunawan, pendiri & CEO dari Ella Skin Care mengatakan ada langkah sederhana yang bisa dilakukan selama 14 hari atau dua pekan. Kuncinya Anda rutin menjalani setiap langkah. 

Berikut lima langkah untuk mendapatkan kulit wajah sehat berkilau

1. Eksfoliasi

Sel kulit mati dapat membuat kulit terlihat lebih kusam untuk itu perlu dilakukan pengelupasan atau eksfoliasi. Sel kulit mati juga tidak bisa menyimpan air sehingga kulit menjadi kering dan rusak.

"Eksfoliasi bisa pakai scrub seperti sabun yang ada scrub, zat adiktif AHA untuk kulit normal cenderung kering, BHA untuk kulit normal cenderung berminyak, dan turunan vitamin A seperti retinoic acid untuk semua jenis kulit yang membuat wajah lebih kenyal serta menambah kolagen," kata dr. Ella dalam bincang-bincang "CantikVersiKamu" pada Rabu, 8 Juli 2020.

2. Hidrasi

Kulit wajah yang kering tidak memancarkan cahaya kulit dengan baik. Oleh karenanya Anda wajib meminum 12 gelas air putih sehari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan face mist dengan kandungan zat aktif yang sedikit untuk menghindari alergi.

3. Melembapkan

Setelah membersihkan wajah dengan toner atau cuci muka, pakailah moisturizer atau pelembap wajah. Gunakan setelah lima menit mencuci wajah. Anda bisa memilih pelembap yang berjenis gel untuk kulit normal atau losion krim untuk kulit kering.

4. Pola hidup sehat

Di rumah saja bisa membuat waktu tidur Anda menjadi tidak menentu bahkan seringnya begadang. Usahakan untuk tetap tidur delapan jam sehari dan paling lambat pada pukul 11 malam. Sebab pada pukul 12 malam hingga 3 pagi akan muncul hormon melatonin yang berfungsi untuk meregenerasi sel tubuh kita.

"Selain itu makan sayur dan buah, diet seimbang seperti makan karbohidrat, protein, lemak yang dibatasi. Olahraga agar oksigen dan darah dapat berjalan lancar sehingga membuat kulit sehat," papar dokter Ella.

5. Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya adalah hal wajib yang harus dilakukan walau di rumah saja. Menurut dokter Ella, berkebun, berjemur dan menjemur pakaian membuat kulit terpapar sinar matahari jadi harus selalu dilindungi.

"Semua yang bersifat panas kayak memasak, menyetrika dan menjemur baju itu punya efek yang sama kayak terpapar sinar matahari. Sinar matahari itu salah satu waktu yang membuat kulit mengalami penuaan," pungkas dokter Ella.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."