Dampak dari Eksfoliasi Berlebihan serta Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit. Boldsky

Ilustrasi kulit. Boldsky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua yang berlebihan memang tidak berdampak baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari makanan, pemakaian produk hingga perawatan kulit. Termasuk juga eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang berlebihan. Biasanya perawatan ini dilakukan untuk mengatasi kulit kusam. Dengan eksfoliasi, kita bisa mempercepat pergantian sel kulit di wajah dan membantu mengembalikan kilau cahaya. Tapi akan beda dampaknya, bila Anda berlebihan melakukannya.

"Ketika Anda terlalu banyak melakukan eksfoliasi, akan muncul sedikit retakan yang tidak terlihat di kulit wajah, khususnya di bagian penghalang yang halus," kata Renee Rouleau, ahli estetika selebriti di Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Purewow.

“Saat kita merusak penghalang kulit halus ini, uap air bisa keluar dan muncul iritasi melalui jalur kecil tersebut. Bisa jadi bahan-bahan kosmetik yang dulunya ditoleransi oleh kulit, karena eksfoliasi berlebihan timbul sensasi menyengat, peradangan hingga iritasi," jelas Rouleau.

Lalu, bagaimana cara mengatasi eksfoliasi berlebihan? Rouleau menyarankan untuk istirahat sejenak dari eksfoliasi. “Cukup eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu. Selain itu, Anda pakai produk pembersihan yang ringan dan formula lembut (lewati apa pun yang terasa gatal). Setelah membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati, isi kembali kulit Anda dengan pelembap bergizi,” tandas Rouleau.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."