3 Tips Memilih Sereal yang Sehat, Bukan Cuma Batasi Gula

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sereal. Unsplash.com/John Matychuk

Ilustrasi sereal. Unsplash.com/John Matychuk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang suka sarapan sereal? Jika Anda salah satunya, sebaiknya jeli membaca kandungan gula di dalamnya saat membeli. Selain itu, ada dua hal lain yang patut diperhatikan agar gizinya terserap sempurna oleh tubuh.

Melansir laman Real Simple, dua ahli diet terdaftar, Kelli McGrane, untuk aplikasi Lose It! dan Gena Hamshaw pendiri The Full Helping membagikan cara mengetahui apakah sereal sarapan favorit Anda sebenarnya sehat.

Tips memilih sereal yang sehat

1. Batasi Gula

Jeli dalam membaca kandungan gula di label, pilihlah yang rendah gula. "Adalah bijak untuk memilih sereal yang memiliki kurang dari 10-12 gram total gula per sajian," imbau Hamshaw.

Agar Anda detail dalam membaca kandungannya, ia pun membagikan sejumlah nama kandungan pemanis. Contohnya sirup, seperti beras merah atau sirup jagung - dan kata-kata yang berakhiran" -ose, "seperti fruktosa, sukrosa, atau maltosa."

Sementara itu McGrane menyarankan untuk memeriksa ulang apa ukuran porsi. "Misalnya, jika kotak itu mengatakan 3/4 cangkir sajian menyediakan 5 gram gula, tetapi Anda biasanya menuangkan sendiri 1 1/2 cangkir sereal, maka Anda sebenarnya akan mendapatkan 10 gram gula tambahan di pagi hari," jelasnya.

2. Pilih yang bahannya dari biji-bijian utuh

Menurut McGrane, kita harus selalu memilih sereal yang memiliki basis gandum utuh atau yang diberi label 100%  gandum utuh. Ini termasuk sereal yang dibuat dengan biji-bijian kuno, seperti quinoa, millet, dan sorgum, bersama dengan sereal yang terbuat dari beras merah dan jagung gandum.

"Semakin tinggi Anda melihat bahan-bahan biji-bijian yang tercantum dalam label bahan, semakin yakin Anda bahwa produk tersebut didominasi oleh biji-bijian utuh," ungkap Hamshaw. 

3. Baca sisa daftar bahan

Sama seperti Anda harus menghindari terlalu banyak gula tambahan, Anda juga disarankan memilih kandungan yang akan membantu Anda kenyang seperti serat dan protein.

"Cari opsi dengan setidaknya 3 gram serat dan 3-4 gram protein," papar McGrane. "Saya juga menghindari sereal yang mengandung minyak terhidrogenasi sebagian, sirup jagung fruktosa tinggi, atau penyedap dan pewarna buatan."

Penting juga untuk melihat kandungan natrium sereal. McGrane merekomendasikan sekitar 200 (atau lebih sedikit) miligram sodium per sajian, terutama jika Anda mencoba membatasi garam dalam makanan Anda.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."