Sandwich Beef Salami, Menu Sarapan Sehat ala Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti membuat beef salami sandwich (Instagram/@susipudjiastuti115)

kuliner

Sandwich Beef Salami, Menu Sarapan Sehat ala Susi Pudjiastuti

Kamis, 2 Juli 2020 05:01 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai mendemokan sejumlah resep olahan laut, Susi Pudjiastuti unjuk kebolehan membuat sandwich beef salami. Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019 itu membagikan video memasak sajian tersebut di akun Instagramnya pada Senin, 29 Juni 2020. Menurut perempuan 55 tahun itu, sandwich dipilih karena kakinya cedera sehingga tak bisa pergi ke laut untuk membeli ikan.

"Pagi ini karena tidak bisa main di laut, saya membuat sarapan sandwich dengan telur, daging asap, dan mozarella untuk anak-anak. Bisa ditambahkan bawang putih, tomat, atau diganti dengan ikan dan udang. Buatnya cepat dan pastinya yummy," tulis pemilik Susi Air itu di keterangan video berdurasi 3 menit 42 detik.

Prosesnya dimulai dari bahan roti diiris tipis dan diletakkan dalam pinggan tahan panas. Susi memberikan saran bahwa produk olahan seperti beef salami perlu dicuci dulu karena bahannya mengandung pengawet yang kurang sehat.

"Jadi kita mesti hati-hati dengan produk olahan karena tinggi garam dan mengandung pengawet," imbau perempuan asal Pangandaran, Jawa Barat, itu.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Bagi Resep Oseng Tutut yang Kaya Gizi

Lapisannya terdiri dari roti yang diiris, telur ceplok, dan paling atas keju mozzarella, lalu dipanggang sampai 7 menit dengan persiapan 2 menit. Jika Anda suka telur setengah matang, maka bisa dipanggang sekitar 5 menit.

"Bagi yang suka bawang putih, tomat, dan sayuran bisa ditambahkan, atau kalau ada ikan dan udang juga bisa. Terpenting sarapan pagi protein tinggi, tapi karbo (karbohidrat) sedikit saja," ungkapnya.

Kandungan protein baik untuk sarapan seperti yang diungkap Susi. Menurut Heather Leidy, Asisten Profesor Nutrisi dan Fisiologi Olahraga Universitas Missouri, Amerika Serikat, sarapan tinggi protein bisa berefek tidak mudah lapar. 

"Saat Anda mengonsumsi sarapan tinggi protein, Anda membantu memicu metabolisme yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari," ucap Leidy seperti dikutip dari laman Livestrong.

EKA WAHYU PRAMITA