Kulit Wajah Sensitif Pilih Bedak Berbasis Mineral, Kulit Lainnya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wanita memakai bedak. Freepik.com

Wanita memakai bedak. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti produk makeup lainnya, pilihlah bedak yang sesuai jenis kulit wajah Anda. Tujuannya agar riasan terkunci sempurna, tak terlihat cakey atau tebal ibarat topeng, dan yang terpenting menjaga kesehatan kulit masing-masing.

Berikut cara memilih bedak sesuai jenis kulit wajah mengutip laman Sehatq

1. Kulit wajah normal

Jenis kulit wajah ini cenderung memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang. Biasanya kulit wajah normal  jarang memiliki masalah kulit, tidak terlalu sensitif, pori-pori wajah hampir tidak terlihat, dan kulit tampak cerah. Bagi pemilik kulit wajah normal, Anda dapat mencoba beberapa formula bedak yang berbeda guna melihat mana jenis bedak yang bagus untuk kulit.

2. Kulit wajah berminyak 

Jenis kulit wajah berminyak umumnya disebabkan oleh produksi sebum dari kelenjar minyak yang berlebih. Sebab itu, bagi pemilik kulit berminyak sebaiknya pilih bedak yang bagus dengan formula atau hasil akhir matte, yakni yang dapat mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah.

Salah satu bedak yang bagus untuk kulit berminyak adalah bertekstur bubuk atau tabur. Bedak tabur untuk kulit berminyak dapat membantu penyerapan kandungan bedak dengan baik tanpa membuatnya terlihat cakey.

Hindari pula jenis bedak yang memberi efek bercahaya atau bersinar. Pasalnya, efek tersebut bisa membuat kulit wajah Anda menjadi semakin berminyak. 

3. Kulit wajah kering

Kulit wajah kering hanya memiliki sedikit kelembapan di lapisan kulit terluarnya. Pada tipe kulit wajah kering, pori-pori dan garis-garis kulit wajah cenderung terlihat dengan jelas. Tak hanya itu, kulit wajah kering biasanya terasa kasar, bersisik, timbul kemerahan, dan terasa gatal.

Jika salah memilih dan menggunakan bedak berisiko menyebabkan kulit semakin kering dan iritasi serta hasil akhir makeup yang tampak cakey.

Sebaiknya hindari formula bedak matte karena dapat membuat kulit wajah semakin kering.

Sebagai solusinya, pilihlah jenis translucent powder, yaitu bedak yang ringan di kulit serta tidak menambah coverage berlebih. Dengan ini, kulit Anda akan tampak lebih sehat. Selain itu, penting memilih bedak yang bagus untuk kulit kering dengan label hypoallergenic.

4. Kulit wajah kombinasi

Sesuai namanya, jenis kulit wajah ini merupakan kombinasi antara kulit wajah kering, terutama pada area pipi, serta area wajah berminyak pada T-zone wajah, yaitu dahi, hidung, dan dagu.  Cobalah untuk menggunakan bedak yang bagus jenis two way cake. Bedak ini dapat membuat tampilan wajah Anda terlihat matte tanpa membuatnya terlalu kering.

5. Kulit wajah sensitif

Susah-susah gampang memilih bedak untuk pemilik kulit wajah sensitif. Sebab bila salah memilih, bisa jadi kering, terasa gatal, dan kemerahan yang berisiko menyebabkan iritasi dan alergi. 

Untuk kulit wajah sensitif, sebaiknya pilih bedak yang bagus berbasis mineral. Jenis bedak ini tidak mengandung emolien minyak, wewangian, alkohol, silikon, dan paraben yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Penting pula untuk memilih bedak yang bagus dengan formula noncomedogenic, di mana kandungan di dalamnya tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Dengan ini, Anda jadi tidak mudah mengalami jerawat.

Tips Memakai Bedak

Pada dasarnya, bedak bertujuan untuk menyempurnakan riasan wajah sekaligus mengunci hasil makeup Anda. Maka dari itu, penggunaan bedak dilakukan setelah Anda menggunakan sunscreen, pelembap, primer, foundation, dan concealer.

Akan tetapi, Anda bisa juga menggunakan bedak tanpa menggunakan foundation dan concealer, jika ingin mendapatkan hasil riasan wajah yang natural dan tidak terlalu tebal.

Anda bisa menggunakan kuas yang sudah dibubuhkan dengan bedak, lalu memulaskannya ke permukaan wajah yang rentan berminyak. Ya, sebenarnya mengaplikasikan bedak yang tepat tidak perlu ke seluruh permukaan wajah, melainkan cukup pada area wajah yang kerap berminyak, seperti dahi, area bawah mata, hidung, dan dagu.

Sebaiknya, jangan menggunakan spons saat mengaplikasikan bedak karena spons cenderung dapat menyerap butiran-butiran halus pada bedak. Anda bisa menggunakan spons bedak jika ingin melakukan touch up atau reaplikasi riasan wajah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."