Hindari 5 Kesalahan Ini saat Menata Rumah, Termasuk Pilih Karpet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Penataan rumah yang rapi dengan rak penyimpanan ekstra di rumahCipete House karya  Inspiratio (Sumber: arsitag.com)

Penataan rumah yang rapi dengan rak penyimpanan ekstra di rumahCipete House karya Inspiratio (Sumber: arsitag.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah kesalahan umum yang sering dilakukan saat menata rumah. Sejumlah orang acapkali tergoda dengan keindahan rupa atau potongan harga yang besar saat membeli furnitur, tapi lupa menyesuaikan dengan elemen lainnya yang ada di ruangan. Contohnya salah pilih jenis karpet, awalnya untuk memberi sentuhan di kamar, tapi jadi terpikat membeli karpet untuk ruang televisi.

Selain soal karpet, ada sejumlah kesalahan yang kerap berulang saat menata rumah mengutip laman Insider

1. Keliru pilih ukuran dan peruntukan karpet

Di area umum seperti ruang tamu, karpet harus lebih lebar dari lebar furnitur Anda sehingga berfungsi sebagai alas. Di kamar tidur, harus tegak lurus dengan tempat tidur. 

"Ini seharusnya mengenai tempat tidur Anda seperti huruf 'T', tetapi mereka akan menjalankannya jauh-jauh dari tempat tidur, sebagai gantinya, sehingga itu tidak di bawah meja dan terlihat agak lucu," ujar Caitlin Murray dari Black Lacquer Design.

2. Beli furnitur demi menghasilkan tampilan yang serasi

Anda tidak ingin rumah Anda terlihat seperti ruang pamer furnitur. Tampilan eklektik bisa mengekspresikan kepribadian si pemilik.

"Misalnya, saya tidak akan membeli rangka tempat tidur yang serasi dengan meja ujung, karena itu hanya akan membuat ruangan Anda terlihat seperti katalog," ujar desainer interior Max Humphrey. "Kamar terbaik adalah kamar yang kelihatannya sudah dikumpulkan dari waktu ke waktu."

Baca juga: 6 Tips dan Trik Menata Ruang Keluarga Bergaya Boho Chic

3. Rak terbuka

"Jika Anda akan memiliki penyimpanan terbuka, seperti rak atau nightstand yang memiliki basis terbuka, itu sangat, sangat penting untuk mempertimbangkan apa yang akan Anda pakai itu, karena itu menjadi desain Anda," jelas Murray.

Pastikan Anda menyertakan beragam aksesori yang tertata rapi dan perhatikan pengelompokan warna. Anda ingin campuran item yang berseni dan eklektik, bukan kekacauan.

4. Kamar tak cukup pencahayaan

Pencahayaan ekstra tidak hanya membuat Anda lebih mudah dilihat, tetapi juga membantu ruang terasa lebih dinamis.

"Kadang-kadang orang akan memiliki pencahayaan overhead dan mereka pikir itu sudah cukup, tapi saya suka lapisan pencahayaan," papar desainer interior Holly Hickey Moore. "Miliki pencahayaan ambient dari lampu lantai dan lampu meja Anda."

5. Ruangan tanpa aksesori dekoratif tidak terasa lengkap

Jangan remehkan betapa pentingnya aksesori untuk membuat ruangan lebih hidup dan hangat. "Selalu menyenangkan membuat anggaran dan menyisakan sejumlah uang untuk seni dan aksesori," ungkap Moore.

"Itu sama pentingnya dengan perabot besar, permadani, TV, atau apa pun yang Anda inginkan di ruangan."

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."