5 Kunci Buat Salad Kentang yang Lezat, Bumbui Air Rebusannya

Ilustrasi salad kentang (Pixabay.com)

kuliner

5 Kunci Buat Salad Kentang yang Lezat, Bumbui Air Rebusannya

Sabtu, 4 Juli 2020 09:22 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Akhir pekan ini Anda berencana membuat salad kentang? Jika iya, intip sejumlah langkah agar salad kentang Anda lembut dan lezat. Dimulai dari memilih jenis kentang, air rebusan, hingga detail potongannya.

Berikut tips agar salad kentang terasa lezat seperti dilansir dari laman Real Simple

1. Pilih jenis kentang yang tepat

Ini tergantung pada preferensi pribadi. Jika suka salad dengan tekstur yang kontras, pikirkan kentang yang keras dan saus krim, karena teksturnya akan lebih baik setelah direbus.

2. Bumbui air rebusan

Air rebusan kentang yang sangat asin akan membantu memasukkan bumbu dari dalam ke luar. Lewati langkah ini dan kentang akan menjadi hambar karena hanya akan diasinkan di bagian luarnya.

3. Jangan terlalu atau kurang matang

Untuk menghindari kentang yang kurang matang, pastikan merebusnya dalam air dingin. Sebab memasukkan kentang mentah dalam air mendidih memungkinkan bagian luarnya menjadi lembek sebelum bagian dalamnya matang.

Di sisi lain, untuk memastikan kentang tidak terlalu matang, keluarkan dari air mendidih saat sudah empuk ketika Anda menusuknya dengan garpu.

Baca juga: Ketahui Jumlah Kalori Kentang Rebus Menurut Dokter Gizi

4. Potong secara merata

Ini kunci untuk mempertahankan tekstur yang konsisten. Jika ukuran kentang bervariasi, beberapa akan terlalu matang, sementara yang lain akan mentah.

5. Sajikan pada waktu yang tepat

Jika Anda akan membuat saus berbasis mayones, biarkan kentang dingin sepenuhnya sebelum mencampur bahan-bahan lain untuk menghindari mayones meleleh dan menghasilkan hidangan yang terlalu berminyak. Namun, jika menggunakan saus berbasis cuka, Anda harus mencampur potongan kentang dengan saus saat kentang masih hangat agar bumbu bisa meresap.