Tips Bugar Widyawati di Usia 69, Orhiba dan Hitung Langkah

Aktris senior Widyawati dalam acara Penghargaan Ibu-Ibu Tangguh Indonesia untuk memperingati Hari Ibu di Jakarta, 22 Desember 2018.(istimewa)

kesehatan

Tips Bugar Widyawati di Usia 69, Orhiba dan Hitung Langkah

Sabtu, 4 Juli 2020 05:01 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris senior Widyawati berbagi tips menjaga kebugaran tubuh. Istri almarhum Sophan Sophiaan itu sudah 69 tahun dan kondisi tubuhnya selalu prima.

Widyawati menerapkan olahraga Orhiba. "Saya melakukan Orhiba atau Olahraga Hidup Baru," kata Widyawati. Caranya, menghadap matahari tanpa alas kaki di tanah atau rumput, bersatu dengan alam, dan mulai mengayunkan tangan ke belakang dengan tubuh tetap tegap.

Widyawati mengatakan biasanya dia melakukan gerakan Orhiba sebanyak 100 sampai 150 kali. "Kalau bisa sampai 200 kali," katanya. Hanya saja, terkadang Widyawati tak punya waktu untuk berjemur di pagi hari dan melakukan gerakan mengayunkan tangan tadi jika sedang sibuk syuting.

Widyawati. TEMPO/Nasriah Muhammad.

Selama pandemi Covid-19, Widyawati mengatakan dapat kembali melakukan Orhiba. Dia juga menambahkan porsi latihan ringan dengan berjalan kaki di dalam rumah, seperti keliling halaman kemudian masuk ke dalam rumah. Yang penting menurut dia, langkahnya harus dihitung.

Dengan menggunakan aplikasi pada ponsel, Widyawati menargetkan jalan kaki sebanyak 3.000 langkah. Olahraga ini dilanjutkan setelah makan siang dan makan malam, setidaknya 1000 langkah. "Paling tidak berusaha agar berkeringat," katanya.

Selain olahraga, Widyawati selalu berusaha tidur cukup hingga delapan jam setiap hari. Dia membatasi aktivitas di luar rumah dan hanya bepergian untuk urusan mendesak.