Horeee! Dokter Reisa Broto Asmoro Bilang Boleh Berenang, Asalkan.

Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro saat menyampaikan laporan penanganan Covid-19. Humas BNPB

kesehatan

Horeee! Dokter Reisa Broto Asmoro Bilang Boleh Berenang, Asalkan.

Senin, 29 Juni 2020 22:19 WIB
Reporter : M Rosseno Aji Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Anggota Tim Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan mendapatkan banyak pertanyaan apakah sudah boleh berenang di kolam renang umum.

Dalam konferensi daring pada Minggu, 28 Juni 2020, Reisa mengatakan masyarakat boleh berenang dalam masa new normal ini. "Yang sudah ditunggu dan ditanya banyak orang, apakah kita sudah boleh menggunakan kolam renang? Ya," kata dia.

Hanya saja, aktivitas berenang di masa new normal pandemi Covid-19 ini berbeda dari sebelumnya. Dokter Reisa Broto menyebutkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh pengelola maupun pengunjung.

Bagi pengelola, air kolam renang harus menggunakan disinfektan klorin dengan kadar 1 sampai 10 ppm atau bromin dengan kadar 3 sampai 8 ppm, sehingga kelembaban air bisa mencapai 7,2 sampai 8. "Dan setiap hari hasilnya harus diinformasikan di papan informasi agar semua pengguna tahu," kata Reisa.

Ilustrasi keluarga berenang. jjbpools.com

Pengelola kolam renang, dokter Reisa Broto Asmoro melanjutkan, juga harus rutin membersihkan seluruh permukaan di sekitar kolam renang, seperti tempat duduk, tempat bilas, dan sarana lainnya. Jumlah pengunjung pun harus dibatasi agar bisa menerapkan physical distancing.

Tak lupa memastikan setiap pengunjung dalam kondisi sehat dengan cara mengecek suhu tubuh dan mengisi formulir form self asessment risk Covid-19 sebelum masuk ke area kolam renang.

Kepada para pengunjung, Reisa mengingatkan, agar tetap memakai masker, kecuali saat berenang. "Ingat, tujuan olahraga untuk sehat. Lawan Covid-19 dengan imunitas yang kuat," tutur dokter Reisa Broto Asmoro.