Jelang 1 Tahun Pernikahan, Mutia Ayu Kutip Puisi Dalam Sakit

Glenn Fredly dan Mutia Ayu (Instagram/@mutia_ayu)

cinta

Jelang 1 Tahun Pernikahan, Mutia Ayu Kutip Puisi Dalam Sakit

Selasa, 16 Juni 2020 15:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Mutia Ayu kembali mengutip buku untuk mewakili perasaaannya. Hari ini, Selasa, 16 Juni 2020, ia mengutip penggalan larik puisi Dalam Sakit karya Sapardi Djoko Damono.

"Waktu lonceng berbunyi percakapan merendah kita kembali menanti nanti, Kau berbisik: siapa lagi akan tiba siapa lagi menjemputmu berangkat, kekal dalam rahasia, kita pun memulai percakapan kembali seakan abadi, menanti lonceng berbunyi," bunyi penggalan puisi tersebut.

Puisi tema kematian itu seolah-olah menggambarkan dingin, sunyi, dan gelapnya saat ajal jemput. Nuansa kehilangan itu seperti mewakili perasaan Mutia Ayu saat ini. Ia terus berjuang menghadapi masa berdukanya sejak Glenn Fredly meninggal pada 8 April 2020 akibat meningitis atau radang selaput otak. 

Terlebih lagi, Mutia Ayu tanpa Glenn jelang satu tahun pernikahan pada 19 Agustus 2020 nanti. Unggahan penggalan puisi itu disertai foto Mutia Ayu tanpa Glenn di hari pernikahan pada 19 Agustus 2019.

Ia tampak berdiri di antara dua pintu coklat dan tak melihat kamera. Di hari istimewanya, Mutia Ayu mengenakan kebaya modern brokat putih dipadu dengan rok motif batik. Ia melengkapi penampilannya dengan bros tiga tingkat warna coklat, anting, hingga headpeice atau hiasan kepala dan veil panjang warna putih.

Pada unggahan Mutia Ayu ini, warganet ramai mendoakan untuk kekuatan ibu Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. "Tetap semangat Mama Gewa," tulis akun @sihotangmarlina. Tak sedikit pula yang menyampaikan rasa sayang mereka kepada bayi Gewa yang berusia empat bulan pada 28 Juni 2020 mendatang.

Ungkapan rindu lewat kutipan buku, puisi atau lagu kerap dilakukan Mutia Ayu. Salah satu contoh untuk kutipan buku, ia memilih tema Rela dalam buku Dear God Journal - Perjalanan menuju kepada hati Tuhan karya Vonny Evelyn Jingga.

"Oh my God, akhirnya datang juga buku yang aku tunggu-tunggu. Thank u so much mbak Vonny, ini bukunya bagus banget," ucap Mutia Ayu sembari menunjukkan bukunya dalam Instagram Stories pada 18 April 2020.

Kemudian ia membacakan cuplikan kalimat yang disukainya dalam buku tersebut.

Nasihat tentang rela yang disampaikan dalam bentuk percakapan manusia dengan Tuhan. Manusia mempertanyakan mengapa satu hal yang sangat diinginkannya diambil. Tuhan pun mengingatkan indahnya bersikap rela.

Menurutnya, kalimat itu membantu secara perlahan-lahan menerima kepergian suami tercinta.

Dua hari kemudian, ia mengutip lirik lagu Selesai karya Glenn. "Kangen kamu. Sungguh hati bicara. Aku kangen kamu meski jauh. Kangen kamu. Pikiranku ke kamu. Rasa ini tak pernah selesai," tulis Mutia Ayu di akun Instagram pada Senin, 20 April 2020.

Selesai merupakan salah satu lagu dalam album Romansa ke Masa Depan yang dirilis pada 2019. Unggahan potongan lirik lagu tema kerinduan itu disertai foto Mutia Ayu bergandengan tangan dengan Glenn Fredly saat resepsi pernikahan. 

Mutia Ayu mengenakan gaun berwarna coklat muda keemasan dengan aksen pita di bagian pinggang. Sementara Glenn Fredly mengenakan setelan jas coklat muda dan topi fedora yang menjadi ciri khasnya.

 

SILVY RIANA PUTRI | RINI KUSTIANI