Hindari 2 Kesalahan Umum Ini saat Mencairkan Daging Beku

Ilustrasi daging sapi beku. squarespace.com

kuliner

Hindari 2 Kesalahan Umum Ini saat Mencairkan Daging Beku

Sabtu, 13 Juni 2020 16:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang melakukan kesalahan umum saat mencairkan daging beku dari kulkas. Di antaranya direndam dalam air panas atau dibiarkan begitu saja di meja dapur. Ternyata dua hal itu bisa mengacaukan kesegaran daging dan membahayakan kesehatan Anda. Mengapa?

Berikut dua kesalahan umum beserta dampaknya untuk Anda dikutip dari Livestrong 

1. Membiarkan daging beku di meja dapur

Mencairkan daging pada suhu kamar menang teknik pencairan yang paling praktis, tapi tak tepat untuk kesehatan.

"Daging (dan semua makanan yang mudah busuk) tidak boleh dicairkan di atas meja dan tidak boleh dibiarkan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam," ujar ahli diet sekaligus koki, Julie Harrington, RD.

Pada lingkungan yang lebih hangat yakni suhu mencapai 90 derajat Fahrenheit atau lebih (setara 32 derajat Celcius atau lebih), makanan tidak boleh berada di luar kulkas selama lebih dari satu jam.

"Ketika makanan mulai mencair dan menjadi lebih hangat, bakteri mungkin ada dan mulai berkembang biak dengan cepat," tutur Harrington.

Bakteri berbahaya seperti staph, salmonella, E. coli dan campylobacter yang menyebabkan penyakit tumbuh subur pada suhu 40-140 derajat Fahrenheit (4-60 derajat Celcius). Jumlah patogen berbahaya bisa berlipat ganda hanya dalam 20 menit ketika suhu berada dalam kisaran ini.

Untuk menghindari situasi yang tidak aman ini, jangan pernah mencairkan makanan di garasi, ruang bawah tanah, mobil atau di luar ruangan.

2. Direndam dalam air panas

Ketika Anda lupa mengeluarkan daging dari lemari es dan Anda sedang terburu-buru, Anda mungkin berpikir mencairkannya dalam air panas adalah pilihan yang cepat.

"Ini mungkin terlihat seperti akan mempercepat, tetapi Anda tidak harus mencairkan daging dalam air panas karena bagian luar akan lebih cepat panas daripada bagian dalam," kata Harrington.

Dengan kata lain, lapisan terluar dapat mencapai zona bahaya suhu dan berisiko terhadap bakteri dan racun yang terakumulasi pada tingkat berbahaya - bahkan jika bagian tengah makanan yang mudah rusak masih beku.

Lantas bagaimana cara mencairkan daging beku yang paling aman?Kita dianjurkan membiarkannya di lemari es. Ini memang memakan waktu yang lama, tapi hasilnya jauh lebih baik. Jika butuh lebih cepat, masukkan ke dalam air dingin.