Tips Memasak Daging agar Empuk Menurut Chef

Ilustrasi daging. Pixabay.com

kuliner

Tips Memasak Daging agar Empuk Menurut Chef

Jumat, 22 Mei 2020 17:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tekstur daging yang keras atau alot salah satu masalah yang timbul saat mengolahnya. Tentu hal itu tidak diharapkan, terlebih lagi untuk menu hidangan Hari Raya Idul Fitri nanti. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan?

Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, Chef Bahran, membagikan tips bagaimana memasak daging supaya empuk dan nikmat disantap. Tipsnya tersebut bisa diterapkan dengan panci biasa.

Menurutnya, potong daging sesuai kebutuhan, lalu bungkus dengan daun pepaya selama satu jam atau campur dengan parutan buah nanas sekitar 30 menit.

"Ketika memasukkan daging ke dalam bumbu jangan cepat-cepat dikasih air, usahakan masak sampai berubah warna. Setelah itu masukkan air, lalu masak dengan api kecil sambil ditutup (empuk dalam arti daging tidak hancur)," jelas Chef Bahran dalam Kuliah WhatsApp bertema "Menyambut Idul Fitri dengan Masakan Istimewa di Rumah Saja" pada Rabu, 20 Mei 2020.

Mengapa nanas? Buah ini mengandung enzim bromelain, yaitu enzim yang termasuk dalam kelompok enzim protease sulfihidril yang mampu menghidrolisis ikatan peptida atau polipeptida menjadi asam amino pada protein. 

"Nah enzim inilah dapat menghasilkan serat pada daging, sehingga membuat tekstur daging sapi atau kambing menjadi empuk dan lunak," ungkap Chef Bahran.

Selain itu, pentingnya marinasi bumbu dan pemberian air saat proses masak. Usahakan biarkan bumbu meresap lebih dulu sebelum direbus dengan air. "Rentang waktu antara membiarkan bumbu meresap dan pemberian air yaitu sekitar 10 menit, sampai bumbu berubah warna," ungkapnya.

EKA WAHYU PRAMITA