5 Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kulit Sehat dan Bersinar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak bunga matahari (Pixabay.com)

Ilustrasi minyak bunga matahari (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Minyak bunga matahari mempunyai sejumlah khasiat untuk perawatan kulit. Minyak ini kaya akan vitamin dan mineral penting yang mampu mengatasi beberapa masalah kulit mulai dari jerawat mencegah kulit kering. 

Berikut ini lima manfaat minyak bunga matahari untuk tampilan kulit sehat dan bersinar dilansir Boldsky pada Sabtu, 30 Mei 2020

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Minyak bunga matahari kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Vitamin A, C, D dan E dan mineral seperti tembaga, zinc, dan zat besi yang ada dalam minyak bunga matahari sangat membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat dapat menjadi pelembap serta pelindung agar kulit tetap lembut dan halus.

2. Melawan jerawat

Minyak bunga matahari merupakan bahan alami non-komedogenik yang memelihara kulit tanpa menyumbat pori-pori. Jadi, Anda bisa menggunakan minyak ini tanpa harus khawatir dengan jerawat.

Vitamin E, salah satu antioksidan alami paling kuat, ditemukan berlimpah dalam minyak bunga matahari. Ini membantu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab timbulnya jerawat. Minyak bunga matahari juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang menahan bakteri penyebab jerawat.

3. Mencegah penuaan kulit

Sifat antioksidan dari minyak bunga matahari juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, kerutan dan kulit kendur. Berkat kehadiran vitamin E yang sangat kuat, mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat Anda memiliki kulit yang halus, tanpa cacat, dan awet muda.

4. Memberikan perlindungan terhadap sinar matahari

Minyak bunga matahari memiliki sifat pelindung sinar matahari alami. Vitamin A dan C mampu melindungi dari pengaruh buruk sinar matahari sehingga kulit tetap sehat dan halus.

Asam lemak, asam linoleat yang hadir dalam minyak bunga matahari mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berbahaya.

5. Melembapkan kulit

Minyak bunga matahari sering digunakan sebagai formula kosmetik, sebab memiliki kemampuan untuk mengatasi kekeringan dan menjaga kulit tetap lembap. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak bunga matahari meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga integritas lapisan luar kulit.

Asam linoleat yang hadir dalam minyak bunga matahari memiliki sifat emolien yang sangat baik yang menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Selain asam linoleat, ia juga mengandung vitamin E yang mampu terserap ke dalam kulit dan membantu melembabkan dari dalam.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."