8 Inspirasi Mempercantik Taman Rumah dengan Cara Simpel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock

Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Taman salah satu area favorit di rumah. Selain untuk bersantai, area ini juga cocok untuk melepas penat sembari menghirup udara segar saat berada di rumah. Namun tanpa disadari taman termasuk bagian yang jarang dirombak karena biasanya membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar.

Nyatanya, mengubah tampilan taman tidak selalu identik dengan biaya besar. Ada beberapa ide kreatif yang relatif lebih mudah dan murah untuk mendekorasi ulang taman agar lebih cantik.

Meskipun sederhana, kreasi murah meriah seperti ini mampu mengubah taman Anda semakin mempesona. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian taman agar tetap aman dan nyaman.    

Berikut sejumlah inspirasi mempercantik taman rumah dengan cara simpel dan murah

1. Berkreasi dengan kerikil

Jika sebelumnya groundcover taman rumah Anda adalah rumput, mengapa tidak menggantinya dengan kerikil putih? Perbedaan warna dan tekstur yang sangat mencolok ini tentu akan membuat taman tampil berbeda layaknya taman baru.

Kreasikan pola penataan kerikil untuk membuat pembatas tanaman atau menjadikannya pijakan untuk jalan setapak.

2. Memanfaatkan barang bekas

Manfaatkan barang bekas di rumah Anda sebagai sentuhan baru pada taman, contohnya sepeda bekas. Jadikan sepeda yang sudah tidak terpakai sebagai dudukan pot tanaman, pada keranjang depan dan boncengan belakang.

Selain sepeda, jangan ragu untuk memanfaatkan barang bekas lain seperti bangku, ban mobil, kandang burung, teko teh, bahkan bingkai jendela bekas. Percantik tampilannya dengan mengecat ulang atau sengaja membiarkan tekstur aslinya untuk sentuhan rustic.

3. Susunan repetisi pot tanaman

Hanya dengan menyusun kembali pot tanaman, tampilan taman akan serasa baru, lho. Manfaatkan kreasi pribadi Anda ketika menyusun ulang pot tanaman. Tidak ada salahnya Anda mencoba susunan berjajar atau repetisi menggunakan tanaman yang sudah ada. Ide ini akan semakin cantik jika Anda memasang pot yang berukuran besar sehingga kesan repetisinya semakin jelas.

4. Susunan pot ala vertical garden

Membuat vertical garden tidak harus bermodal besar. Manfaatkan pot-pot tanaman yang sudah ada di taman rumah. Pot-pot ini lalu di susun vertikal pada dinding. Bisa dengan cara memakunya atau membuat rangka besi khusus untuk dudukan pot.

Hal yang cukup menyenangkan dari kreasi vertical garden ini adalah Anda dapat secara bebas menyusun sendiri tanamannya agar tampilan visualnya menjadi cantik layaknya lukisan. Menyusun beragam warna pot membentuk pola khusus juga bakal terlihat lebih indah.

5. Memperbarui furnitur outdoor

Tanpa harus merombak total, Anda tetap bisa memperbarui tampilan taman hanya dengan mengganti atau menambah furnitur outdoor. Anda boleh menggunakan furnitur yang sudah ada di rumah atau membeli yang baru.

Namun, yang pasti adalah memilih furnitur yang tahan dengan cuaca luar. Misalnya saja, dengan memilih kursi rotan. Jika ingin menggunakannya untuk bersantai, jangan lupa menambahkan bantal yang bisa dibawa masuk ke dalam rumah kembali setelah digunakan.

6. Menambahkan lampu taman

Rasakan suasana berbeda di taman saat malam hari dengan penambahan lampu taman. Pilihlah desain lampu taman yang sesuai dengan nuansa yang diinginkan. Salah satu referensi yang bisa dicontoh adalah lampu taman berbentuk bulat yang dipasang rendah mendekati tanah.

Desain lampu berbentuk bola yang seolah menempel ke lantai akan terlihat unik dan modern.

7. Memasang ornamen di dinding

Dinding pembatas taman adalah bagian yang sangat potensial untuk dipercantik. Jadikan dinding sebagai wadah menuangkan kreativitas. Cara kreatif yang dapat Anda tiru adalah dengan memasang tulisan 3D.

Tentukan tulisan yang Anda sukai, dapat berupa kata-kata bijak, puisi, ataupun kutipan inspiratif. Pemilihan jenis font juga berpengaruh dalam memberi kesan tertentu.

8. Menambahkan stepping wood

Taman rumah dikhawatirkan terlihat membosankan lantaran tidak ada elemen kontras di dalamnya. Selain dengan menambahkan sebuah furnitur, cobalah memberi efek kontras itu dengan menambahkan jalan setapak.

Alih-alih menyemen taman, lebih baik menerapkan sistem bongkar pasang seperti dengan menggunakan kayu. Kayu-kayu tersebut cukup disusun menjadi stepping wood yang membelah area taman.

ARSITAG 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."