Tips Membersihkan Karat dari Perabot Rumah Tangga Stainless Steel

Ilustrasi sendok dan garpu atau alat makan stainless steel (Pixabay.com)

ragam

Tips Membersihkan Karat dari Perabot Rumah Tangga Stainless Steel

Kamis, 14 Mei 2020 20:10 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki perabot rumah tangga dari bahan stainless steel bukan berarti bebas dari karat. Seiring waktu, lapisan pada perabot itu akan menipis dan pada akhirnya rentan berkarat.

Mengutip laman Boldsky, bahan kromium pada permukaan benda stainless steel membuatnya tetap berkilau setelah bersentuhan dengan air dan oksigen alias tidak terjadi korosi. Namun begitu lapisan kromium ini terkikis, bukan tidak mungkin perabot tersebut mulai berkarat.

Berikut tips membersihkan karat dari perabot rumah tangga berbahan stainless steel.

  1. Baking Soda

    Ilustrasi baking soda. Mylifetime.com

    Campurkan satu sendok makan baking soda dengan dua gelas air. Gosok bagian yang terkena karat dengan sikat gigi yang telah dicelupkan ke larutan baking soda dan air. Bahan baking soda dikenal non-abrasif dan dengan lembut menghilangkan karat dari permukaan.

    Setelah karat, perabot tersebut dapat dicuci seperti biasa dan diseka dengankain. Saat mencuci, pastikan semua zat kimia, seperti baking soda sudah benar-benar bersih. Diamkan setidaknya selama 25 sampai 30 menit sebelum digunakan.

  2. Cuka

    Ilustrasi cuka putih. shutterstock.com

    Jika tak ada baking soda di rumah, coba bersihkan karat dengan cuka. Usapkan cuka di area yang terkena karat dan biarkan sampai kering. Setelah itu Anda dapat menggosoknya dengan kain atau sikat gigi yang kering. Setelah bersih, cuci perabot tadi seperti biasa.

  3. Lemon dan soda kue

    Ilustrasi lemon dan baking soda. shutterstock.com

    Untuk karat yang membandel, Anda bisa mencoba membuat pasta dari soda kue dan perasan lemon atau jeruk nipis. Oleskan pasta ini pada area yang berkarat lalu biarkan selama beberapa saat. Setelah itu gosok dengan kain atau sikat gigi bekas, lalu cuci seperti biasa.