Cara Membersihkan Perhiasan Perak di Rumah, Bisa Pakai Alumunium Foil dan Baking Soda atau Pasta Gigi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perhiasan perak. shutterstock.com

Ilustrasi perhiasan perak. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPerhiasan perak sering kali cenderung kehilangan kilaunya dalam jangka waktu tertentu. Sebabnya noda yang disebabkan oleh reaksi kimia yang terjadi antara perak dan belerang di udara. Namun, untuk menjaga perhiasan perak Anda tetap bersih dan berkilau, Anda perlu merawat dan membersihkannya secara teratur. Untungnya, aktivitas ini tidak memakan waktu lama dan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan barang-barang rumah tangga Anda. Berikut ini lima cara membersihkan perhiasan perak di rumah.

1. Lemon dan garam

Campuran lemon dan garam bisa membantu mendapatkan kembali kilau perhiasan perak. Sebaiknya dilakukan sebulan sekali. Caranya memeras lemon ke dalam mangkuk lalu campur 3 sendok makan garam dan air panas di dalam mangkuk. Kemudian letakkan perhiasan di sana selama 5 menit. Setelah selesai, angkat dan gosok dengan kain lembut untuk menghilangkan noda.

2. Aluminium foil dan baking soda

Ini adalah salah satu cara paling populer dan juga termudah untuk membersihkan perhiasan perak di rumah, melindungi perhiasan Anda agar tidak menjadi hitam atau kuning. Metode berbiaya rendah dan mudah ini dapat membersihkan perhiasan Anda dalam 30 detik hingga 3 menit.

Rebus air dalam jumlah tertentu dan lapisi perhiasan perak Anda dengan aluminium foil dengan sisi mengkilap tetap menghadap ke atas. Kemudian, tambahkan satu sendok makan baking soda dengan setiap cangkir air ke dalam mangkuk dan celupkan perhiasan Anda ke dalam larutan yang bergelembung. Tak perlu menunggu lama, angkat dan keringkan dengan kain lembut 

3. Saus tomat

Anehnya, saus tomat juga bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan perak. Untuk itu, Anda hanya perlu menggunakan sedikit saus tomat ke atas tisu dan menggosokkannya dengan lembut ke area yang ternoda. Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan segera gosok dengan kain lembut dan bilas setelahnya. Jika Anda menggunakan metode ini pada perhiasan mewah, bersihkan sela-sela celahnya dengan sikat gigi yang lembut.

4. Deterjen cucian

Deterjen cucian adalah salah satu metode tertua untuk menghilangkan noda pada perhiasan perak. Anda hanya perlu menuangkan satu cangkir kecil deterjen ke dalam mangkuk berisi air panas. lalu masukkan perhiasan perak ke dalamnya. Biarkan selama 10 menit dan gosok perlahan dengan kain. Deterjen bereaksi dengan air menghasilkan zat berbusa yang akan mengangkat kegelapan sehingga membersihkan kotoran atau kotoran dari perhiasan.

5. Pasta gigi

Salah satu cara termudah untuk membersihkan perhiasan perak Anda di rumah adalah dengan menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong pada piring, kemudian menggosokkannya ke perhiasan atau peralatan makan perak dengan gerakan memutar untuk memberikan hasil akhir yang bersih. Kemudian diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air dan keringkan menggunakan kain lembut.

Pilihan Editor: Tips Menyimpan Anting yang Tepat, Berikut 4 Langkahnya

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."