Pelembap Jenis Ini Baik Digunakan Usai Cuci Tangan

Ilustrasi cuci tangan. pixabay.com

kecantikan

Pelembap Jenis Ini Baik Digunakan Usai Cuci Tangan

Rabu, 13 Mei 2020 07:39 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang mengalami kulit kering, pecah-pecah bahkan iritasi akibat terlalu sering cuci tangan di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Sementara kita dianjurkan untuk menjaga kebersihan tangan di pandemi Covid-19. Bagaimana cara atasinya?

Pastikan Anda langsung menggunakan pelembap usai cuci tangan. Sebab, pelembap memiliki kemampuan untuk melapisi dan melindungi kulit dari zat antiseptik pada sabun yang membuat kulit bermasalah. Pilih pula pelembap yang sesuai kondisi kulit.

Menurut Dokter Spesialis Kulit Lilik Norawati bagi mereka yang memiliki sifat kulit kering disarankan menggunakan pelembap dengan ekstra minyak.

“Kalau kulitnya cenderung normal, bisa menggunakan pelembap apa saja saja,” katanya dalam diskusi online bersama Noroid di Jakarta pada Selasa, 12 Mei 2020.

Kandungan di dalam pelembap juga harus diperhatikan. Lilik mengatakan bahwa setiap pelembap  sebaiknya memiliki zat ceramide atau pseudo-ceramide.

“Kedua kandungan ini mampu memperbaiki barrier dan lipid permukaan kulit. Dia juga menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering,” katanya.

Terakhir, pastikan pula pelembap tidak memiliki bau dan warna. Sebab, keduanya merupakan bahan iritan sehingga bisa merangsang iritasi pada kulit saat digunakan.

“Terlebih untuk yang punya kulit sensitif, sebaiknya hindari bau dan warna karena bisa memperparah kerusakan kulit,” pungkasnya

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA