Selain untuk Bonding, Simak 3 Manfaat Ajak Anak Masak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak dan ibu memasak bersama. shutterstock.com

Ilustrasi anak dan ibu memasak bersama. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masak salah satu kegiatan favorit usir kebosanan selama di rumah saja. Sebab aktivitas ini banyak bergerak, melatih kreativitas, dan membuat waktu berjalan terasa cepat. Selain itu, masak juga bisa dimanfaatkan sebagai bonding atau ikatan batin orang tua dan anak. 

Masak juga bisa meningkatkan kemampuan panca indera anak. Sebab mereka mengenal berbagai rasa, tekstur, dan aroma bahan makanan yang ada di dapur. Banyak pula orang tua yang menyebut dapur sebagai salah satu tempat anak melatih indera penciuman, rasa, dan penglihatannya, mengutip dari laman Arab News pada Kamis, 30 April 2020.

Sebelum ajak anak memasak, pastikan Anda menyimpan benda-benda tajam, panci berat, dan cairan panas.

Selanjutnya, biarkan anak mengeksplorasi dan menikmati aktivitas di dapur. Bukan tak mungkin hasilnya akan berantakan, tapi orang tua patut mengingat pengalaman ini akan bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Mencampurkan bahan makanan hingga memakai cetakan untuk adonan kue bisa mengasah kemampuan motorik anak yang bermanfaat untuk aktivitas seperti menulis, mewarnai dan menggunting di sekolah.

Kemampuan kognitif anak juga bisa berkembang saat ikutan masak. Sebab anak belajar mengikuti instruksi, mengatasi masalah, membuat prediksi, dan observasi perubahan bahan saat memasak.

Satu lagi manfaat masak untuk anak yang tak boleh dilewatkan, yaitu mengenal bahan-bahan makanan sehat. Bila anak sulit makan, ada peluang mereka tertarik mencicipi ketika terlibat dalam proses memasak sejak awal, seperti dikutip dari laman New York Times.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."