Tips Merawat Rambut yang Diwarnai selama #dirumahaja

Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

kecantikan

Tips Merawat Rambut yang Diwarnai selama #dirumahaja

Jumat, 1 Mei 2020 08:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut yang diwarnai butuh perawatan khusus untuk jaga kualitas warna, cegah kusam dan kering serta tak mudah kusut. Sejumlah orang biasanya menyerahkan urusan itu kepada para profesional di salon. Tapi bagaimana bisa terlaksana di tengah pandemi virus corona yang mengharuskan kita di rumah saja?

Langkah bijaknya adalah merawat sendiri di rumah. Menurut Agnes Chen, Kepala Teknis Nasional, Streax Professional mulailah dengan jeli membaca kandungan produk perawatan dan hindari sejumlah kebiasaan yang bisa merusak rambut yang diwarnai. Apa saja itu?

Berikut sejumlah langkah merawat rambut yang diwarnai selama di rumah saja dikutip dari Times of India pada 29 April 2020

  • Gunakan sampo dan kondisioner yang bebas kandungan sulfat. Sebab zat tersebut bisa merusak rambut, terlebih rambut yang diwarnai. 
  • Pastikan sampo dan kondisioner yang dipakai khusus rambut yang diwarnai.
  • Saat mencuci rambut atau keramas, terlebih dahulu basahi rambut dengan air hangat, lalu bilas dengan air dingin. Langkah ini bisa mencegah warna rambut memudar.
  • Aplikasikan serum rambut secara rutin usai keramas. Serum bermanfaat merawat kesehatan rambut yang diwarnai dan cegah warna rambut memudar. 
  • Sebaiknya kurangi penggunaan alat perawatan rambut yang bersifat panas, contohnya hair dryer. Sebab panas bisa memudarkan warna, mengurangi kelembapan rambut, dan membuatnya cepat kering dan rapuh. 
  • Sisirlah rambut dalam kondisi lembap dan jangan menyikatnya terlalu kencang.
  • Bila rambut Anda panjang dan ingin diikat, pilihlah ikatan rambut bentuk spiral atau berbahan kain agar tidak memberi tekanan ke rambut. Jangan lupa, hindari mengikat rambut sekencang mungkin dan perlahan-lahan saat melepas ikatan. Bila Anda menariknya ke atas juga bisa berdampak pada kesehatan akar rambut.