Pengalaman Pertama Widi Mulia Pakai Menstrual Cup di Usia 40

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Widi Mulia. Instagram.com/@widimulia

Widi Mulia. Instagram.com/@widimulia

IKLAN

3. Cara melepas

“Sama seperti saat memasangnya, mengambilnya pun harus rileks dan yakin. Masukkan jari kamu dan tarik ujungnya. Bila menemui kendala, coba ambil posisi ngeden seperti mau buang air besar. Itu sangat membantu berdasarkan pengalaman saya di awal-awal dulu,” ungkap dokter Riyana.

4. Tidak merusak selaput dara

“Vagina kita itu panjangnya 7 cm. Mulai dari liang vagina hingga ke mulut rahim. Selaput dara itu berada di pinggiran mulut vagina. Menstrual cup pasti melewati, tapi tidak akan merusak," seru Riyana.

Definisi keperawanan yang ada di sekitar kita kerap dikaitkan dengan masih utuh atau tidaknya selaput dara. Sementara dari segi medis, anak-anak jatuh dari sepeda saja bisa memicu rusaknya selaput dara. Adapula kasus pemerkosaan yang mengakibatkan luka di sekitar vagina karena proses pemaksaan saat hubungan seksual, tapi tidak merusak selaput dara.

"Jadi, selaput dara itu tidak selalu menentukan keperawanan seorang perempuan,” tuturnya.

5. Perawatan menstrual cup

Untuk cara membersihkan menstrual cup, Riyana menjabarkan hanya perlu sterilisasi dengan air mendidih selama 5-10 menit sesudah siklus menstruasi berakhir. Untuk cara penyimpanan pastikan di dalam kondisi kering, boleh di dalam lemari, rak, plastik, ataupun pembungkus menstrual cup.

“Ketika lagi membuang darah haid, kamu bisa cuci menstrual cup-nya dengan air biasa. Kalau kamu sedang travelling dan berada di toilet umum serta minim air, tidak dicuci dan langsung dipakai kembali juga tidak apa-apa. Yang terpenting cuci tangan kamu sebelum memasang menstrual cup kembali," katanya.

Di periode menstruasi berikutnya, menstrual cup sebaiknya disterilisasi dulu sebelum dipakai.

6. Tahan lama

Untuk satu pembelian menstrual cup bisa dipakai selama 8-10 tahun. Riyana mengungkapkan bahwa produk menstrual cup yang dipakainya tetap berfungsi dengan baik selama delapan tahun pemakaian. Perubahan warna pada cup diibaratkan seperti perubahan warna itu ibarat baju yang sering dipakai dalam beberapa tahun lamanya.

Oleh karena itu, menstrual cup termasuk bagian produk pelestarian lingkungan karena mengurangi produksi sampah setiap bulannya.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."