Trik Bersihkan Noda Hitam di Panci, Pakai Spatula Bukan Pisau

Ilustrasi panci. id.priceaz.com

ragam

Trik Bersihkan Noda Hitam di Panci, Pakai Spatula Bukan Pisau

Senin, 27 April 2020 18:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta -  Bagi Anda yang hobi memasak, pasti detail dalam menjaga peralatan memasak, seperti panci dan wajan kesayangan. Noda hitam membandel menjadi hal yang paling dihindari karena tak hanya merusak penampilan alat memasak, tapi juga membuat fungsinya kurang optimal.

Tak perlu khawatir jika itu tengah Anda rasakan, ada sejumlah kiat yang bisa dilakukan. Alih-alih merendamnya dalam air sabun semalaman, biarkan cuka putih dan beberapa tambahan bahan mengangkat bagian yang hitam itu.

Tapi sebelum Anda mulai membersihkan, periksa ulang bahan panci atau wajan Anda. Metode yang akan dijelaskan nanti efektif pada stainless steel dan besi cor berenamel, bukan untukyang wajan yang berbahan aluminium karena sifat logam ini reaktif.

Melansir laman Real Simple, ada beberapa bahan yang Anda butuhkan sebagai berikut

  • Cuka putih
  • Sudip atau spatula
  • Spons dengan scrubber (bagian kasar di satu sisinya)
  • Alat penggaruk panci
  • Soda kue

Cara membersihkannya:

1. Isi panci dengan air hingga menutupi bagian yang mengerak lalu panaskan di atas kompor. Biarkan air mendidih selama beberapa menit, lalu matikan api dan gunakan spatula atau sendok dengan hati-hati untuk menghilangkan sisa-sisa yang terbakar (ambil spatula yang biasanya Anda gunakan dengan wajan sehingga Anda tahu itu tidak akan menggores permukaan).

2. Cobalah dengan cuka: Jika cara pertama tak bekerja, Anda dapat mencoba teknik yang sama dengan cuka putih pada wajan berbahan stainless steel atau besi cor berenamel (lewati langkah ini jika Anda memiliki panci aluminium).

3. Untuk menghilangkan noda makanan yang membandel, gunakan alat penggaruk wajan untuk mengikis noda. Namun alat penggaruk ini cenderung tidak akan efektif pada permukaan panci atau wajan berenamel.

4. Sekarang gosok.

Semoga langkah-langkah di atas telah membantu menghilangkan sebagian besar sisa makanan dan arang, tetapi mungkin masih ada beberapa area berwarna cokelat.

Untuk wajan berbahan stainless steel dan besi cor enamel (bukan aluminium), campurkan soda kue dan air hangat lalu gunakan untuk menggosok noda.

Selain itu, perhatikan pula hal yang boleh dan tidak dilakukan saat membersihkan alat masak kesayangan.

1. Rendam panci Anda setelah selesai memasak dalam air sabun hangat. Saat makan malam selesai dan tiba waktunya mencuci peralatan makan, panci akan lebih mudah dibersihkan.

2. Jangan menggosok dengan pisau karena bisa menggores bagian wajan.

3. Perhatikan cara memasak. Untuk mencegah panci dan wajan yang terbakar di salah satu bagiannya selalu perhatikan apa yang Anda masak. Aduk masakan untuk memastikan makanan tidak lengket ke dasar panci, dan kecilkan api jika perlu.

4. Jangan menunda-nunda. Coba bersihkan, atau setidaknya rendam, panci segera setelah menggunakannya.