Cara Membersihkan Sisa Kerak Panggangan Membandel di Loyang Kue

ragam

Cara Membersihkan Sisa Kerak Panggangan Membandel di Loyang Kue

Selasa, 13 Agustus 2019 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sisa-sisa kerak panggangan di loyang kue salah satu masalah yang membuat kesal para pembuat kue kering atau kue basah. Sebab secara tampilan nampak tidak indah dan berisiko menempel di adonan kue selanjutnya. Jangan pula mengangkat kerak-kerak tersebut dengan cara dipaksa seperti direndam dengan air mendidih ataupun dicungkil dengan pisau atau garpu. Sebab tindakan tersebut menimbulkan goresan hingga merusak kualitas loyang kue. Sebaiknya bersihkan loyang kue dengan cara yang tepat dan rutin dilakukan agar tidak ada lagi kerak-kerak panggangan yang membandel. 

Berikut ini tips membersihkan sisa-sisa kerak panggangan di loyang kue seperti dilansir dari laman The Kitchn.

Bahan-bahan:

  1. Baking soda dalam jumlah yang banyak.
  2. Hidrogen peroksida.
  3. Botol semprotan (Boleh pakai yang baru. Jika tidak ada yang baru, boleh pakai botol semprotan lama dari produk pewangi pakaian atau lainnya, asalkan sudah dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu).
  4. Alat pengikis bahan plastik.

Langkah-langkah membersihkan:

1. Tabur baking soda di seluruh permukaan loyang kue secara merata, terutama di bagian yang banyak berkerak dari hasil panggangan. Anda bisa ratakan bubuk baking soda dengan jari-jari Anda.

Ilustrasi langkah-langkah membersihkan loyang kue dengan ditutupi baking soda dan disemprot cairan hidrogen peroksida. (The Kitchn/ Joe Lingeman)

2. Setelah meratakan baking soda, semprotkan hidrogen peroksida hingga lapisan baking soda terlihat basah.

3. Diamkan selama beberapa jam, bahkan untuk hasil yang lebih baik biarkan selama semalaman.

Ilustrasi mengikis lapisan baking soda dan hidrogen peroksida yang sudah didiamkan selama beberapa jam hingga dalam satu hari. (The Kitchn/ Joe Lingeman)

4. Setelah proses didiamkan, angkat lapisan tersebut dengan alat pengikis bahan plastik. Buang lapisan baking soda ke dalam tempat sampah.

5. Cuci loyang kue dengan bersih dan benar-benar dikeringkan sebelum disimpan ke dalam rak lemari.