Dampak Corona, London Fashion Week Bakal Digelar Online

Model memperagakan koleksi busana Richard Quinn dalam ajang London Fashion Week di Inggris, 15 Februari 2020. Model ini tampil dengan gaun dan tubuh yang penuh dengan kristal Swarovski. REUTERS/Henry Nicholls

mode

Dampak Corona, London Fashion Week Bakal Digelar Online

Rabu, 22 April 2020 15:15 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan adanya imbauan untuk di rumah saja selama pandemi virus corona baru atau Covid-19, sejumlah pelaku mode tak berpangku tangan untuk tetap menggerakkan industri ini. Banyak dari mereka memanfaatkan platform digital, contohnya London Fashion Week atau Pekan Mode London pada Juni 2020 mendatang.

Penyelenggara London Fashion Week, British Fashion Council atau BFC, mengumumkan hal itu pada Selasa, 21 April 2020. 

"Pandemi saat ini mengarahkan kita semua untuk merefleksikan secara lebih tajam pada tempat kita hidup dan bagaimana kita ingin menjalani hidup kita, dan membangun bisnis ketika kita melewati krisis ini," ujar Kepala Eksekutif BFC, Caroline Rush CBE, melalui siaran pers.

Rush menjelaskan bahwa penting bagi industri mode untuk melihat ke masa depan dan mengambil peluang untuk berubah, berkolaborasi namun tetap berinovasi.

Lebih lanjut Rush mengatakan bahwa pihaknya berharap tentang keberlanjutan, kreativitas, dan produk yang dapat terus dihargai, meskipun dunia sedang mengalami krisis akibat pandemi corona.

"Dengan menciptakan platform pekan fashion budaya, kami mengadaptasi inovasi digital yang paling sesuai dengan kebutuhan kita saat ini dan sesuatu yang akan dibangun sebagai karya global untuk masa depan," jelas Rush.

Platform digital tersebut akan menyediakan konten multimedia eksklusif dari desainer, para seniman kreatif, artis dan mitra dari label fashion, sehingga memungkinkan terjadinya kolaborasi yang menyatukan mode, budaya, dan teknologi, kata Rush.

Pengalaman digital baru ini akan terbuka untuk publik di seluruh dunia, para pedagang, dan akan berfungsi sebagai titik temu yang menawarkan wawancara, podcast, buku harian perancang, webinar, dan ruang pamer digital.

Pekan Mode London yang akan dimulai pada 12 Juni 2020 ini dapat disaksikan melalui platform digital www.londonfashionweek.co.uk.

Dalam kesempatan tersebut BFC juga mengumumkan bahwa seluruh gelaran London Fashion Week akan menggabungkan pakaian wanita dan busana pria ke dalam satu platform netral gender, untuk memungkinkan para desainer berkreasi dengan lebih fleksibel.