Sambut Ramadan, Kenali 6 Jenis Kurma dari Medjool hingga Ajwa

Ilustrasi kurma (Pixabay.com)

kuliner

Sambut Ramadan, Kenali 6 Jenis Kurma dari Medjool hingga Ajwa

Senin, 20 April 2020 13:11 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kurma salah satu hidangan favorit di bulan Ramadan. Buah berbentuk oval, berwarna coklat, dan tekstur daging yang legit ini memberikan rasa manis yang pas saat buka puasa.

Tapi tahukah kamu jenis kurma apa saja yang dijual? Jika belum, yuk kita lihat berbagai jenis kurma dengan ciri warna, tekstur, dan rasa seperti dikutip dari laman Arab News.

1. Medjool

Kurma Medjool berasal dari Maroko, Afrika Utara, tapi kini juga tumbuh di daerah hangat di Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Asia Selatan. Bentuknya besar dengan daging legit dan lembut. Warna kurma Medjool coklat kemerahan dengan rasa mirip karamel.

Kurma Medjool merupakan salah satu bahan yang kerap dipakai untuk masakan Maroko. Biasanya kurma ini dijual agak kering, tapi dagingnya masih lembut dan lengket. Semakin kering, kurma Medjool terasa makin manis.

2. Deglet Noor

Kurma Deglet Noor punya rasa yang autentik. Teksturnya setengah kering dan biasanya kurma ini dipakai untuk memasak. Kurma Deglet Noor populer di negara seperti Aljazair, Libya, dan Tunisia.

3. Halawi

Kurma Halawi punya cita rasa legit dan seperti madu, tak heran sebab 'Halawi' artinya 'manis'. Salah satu varietas kurma yang banyak digemari ini berasal dari Irak. Kurma Halawi punya daging yang tebal, lembut, dan berwarna keemasan.

4. Zahidi

Kurma ini terlihat lebih unik karena warnanya cokelat keemasan, lebih muda dari jenis kurma lainnya. Kurma Zahidi disebut berasal dari Irak bagian utara. Buah ini biasa dipakai sebagai bahan untuk memasak. 'Zahidi' artinya 'kuantitas kecil'.

5. Ajwa

Kurma Ajwa bentuknya lebih kecil dengan warna yang gelap. Kurma mungil ini dagingnya lebih kering. Kurma Ajwa dibudidayakan di Madinah. Banyak yang meyakini kurma Ajwa punya khasiat menyembuhkan.

6. Khudri

Kurma berwarna coklat tua ini tumbuh hampir di semua penjuru Arab Saudi. Kurma ini terjangkau karena harganya relatif murah.