Cara Wanita Lajang Ekstrovert Halau Stres saat Pandemi Corona

Ilustrasi wanita bahagia. Unsplash.com

ragam

Cara Wanita Lajang Ekstrovert Halau Stres saat Pandemi Corona

Minggu, 19 April 2020 20:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19, wanita single atau lajang tak lepas dari kemungkinan stres selama di rumah saja. Menurut Awareness Transfiguration Facilitator dan Psychotherapist Ferry Fibriandani untuk wanita lajang yang introvert, mungkin lebih mudah menghadapi situasi ini. Sebab mereka jadi memiliki waktu dan memperoleh energi saat berinteraksi dengan diri sendiri.

Namun lain cerita bagi perempuan ekstrovert, mereka akan mengalami kesulitan. Sebab mereka akan memperoleh energi dari luar saat sedang bersosialisasi.

"Nah dalam kondisi ini membuat rekan single yang terbiasa berinteraksi dengan orang lain akan tidak tahan, namun akan semakin berat apabila kita menghadapi situasi yang di luar kontrol kita. Kita bisa fokus pada apa yang bisa kita kontrol," ucap Ferry dalam Kuliah Whatsapp bertema "Mengelola Kesehatan Mental" pada Jumat, 17 April 2020.

Menurut Ferry saat ini menjadi kesempatan yang baik untuk memulai belajar keluar dari zona nyaman. Mulailah menggali kreativitas untuk mencari aktivitas unik, seru dan menghibur atau belajar hal baru yang selama ini tidak sempat dilakukan.

"Misal belajar memasak, melukis, keterampilan software baru, meracik kopi, menulis jurnal catatan atau buku bisa membantu menjadi kompetensi atau skill baru saat kondisi ini selesai," saran Ferry yang juga Founder Rumah Remedi ini.

Jika bosan karena tidak bisa keluar rumah dan bertemu teman, Ferry menyarankan agar mulai mengalihkan aspek sosial ke dunia maya. Beragam aplikasi video conference dan meeting online yang bisa digunakan.

"Arisan online dan ngopi online bareng di rumah masing-masing, namun ngobrol dan bercanda dengan teman tetap bisa terjalin. Kegiatan olahraga bareng misal sesi live untuk yoga, atau senam bersama teman juga bisa membantu," tuturnya.

Selain kegiatan dan rutinitas baru, cobalah untuk tidak di berada satu lokasi yang sama sepanjang hari, tapi pilih sudut-sudut yang berbeda. "Hiasi sudut kamar Anda dengan hiasan-hiasan agar terlihat menarik saat video conference dan satu hal paling penting yakni membahagiakan diri," pungkas Ferry Fibriandani.

EKA WAHYU PRAMITA