Jelang Ramadan, Ini Tips Jual Makanan Buka Puasa saat Pandemi

ilustrasi makanan nusantara (pixabay.com)

karir

Jelang Ramadan, Ini Tips Jual Makanan Buka Puasa saat Pandemi

Kamis, 16 April 2020 13:40 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang bulan suci Ramadan pada 24 April 2020, semua umat Islam penuh makna menyambutnya di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19. Sebab Ramadan kali ini, kita diimbau untuk menunaikan salat tarawih dan ibadah Ramadan lainnya di rumah.

Dengan masih berlakunya imbauan di rumah saja, tentu para penjual makanan buka puasa ada baiknya menerapkan stategi baru untuk bertahan.

Senior Data Analyst dari aplikasi pengurus Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Moka, Hutami Nadya mengatakan, setiap pengusaha disarankan untuk menyiapkan promo makanan berupa paket. Berdasarkan analisis dari UMKM, makanan dengan promo paket lebih banyak diminati masyarakat daripada satuan.

"Jadi selama bulan puasa, ada baiknya kita menyiapkan makanan bentuk paket,” katanya dalam telekonferensi Antisipasi Bisnis di Tengah Krisis Saat Ramadan pada Rabu, 15 Maret 2020.

Selain promo makanan berupa paket, para pemilik usaha makanan juga bisa mengadakan kerja sama dengan kurir pengantaran.“Dengan kita 'jemput bola' melalui layanan antar, pasti kesempatan restoran atau usaha kita dipilih oleh pelanggan menjadi lebih besar,” ucapnya.

Terakhir dan tak kalah penting adalah membuat pilihan menu makanan yang mengikutsertakan pengemudi ojek online di dalamnya. Hutami mengatakan bahwa pembelian makanan bagi pelanggan dan pembawa makanan tengah menjadi tren khususnya sejak COVID-19 merebak.

“Sebagai bentuk kepedulian sekaligus mengikuti tren, pilihan ini bisa disediakan,” pungkasnya.

 SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA