Pakar Mode Bagi Tips Busana yang Memacu Semangat Kerja saat WFH

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama masa bekerja dari rumah atau work from home (WFH) seperti apa busana pilihan kamu? Sejumlah orang memilih bersantai dengan piyama atau kaus dan celana pendek. Tapi tak sedikit pula yang tetap tampil rapi. Manakah yang lebih baik?

Para ahli mode mengatakan pilihan busana saat WFH dapat membuat Anda merasa percaya diri dan termotivasi. Penata gaya asal Australia, Annalisa Armitage dan pengamat mode Anabel Maldonado menyebutkan pakaian dapat mempengaruhi suasana hati termasuk ketika bekerja di rumah.

Armitage melalui laman ABCNet menjelaskan bahwa sebuah studi pada 2012 membuat penelitian bagaimana pakaian dapat mempengaruhi kinerja seseorang.

"Penelitian ini melibatkan dua kelompok peserta yang melakukan tugas mengenakan mantel putih. Orang-orang dalam satu kelompok diberi tahu bahwa mantel mereka milik seorang dokter dan yang lain bergaya seorang pelukis," papar Armitage.

Kelompok dokter menunjukkan peningkatan kemampuan mereka dalam menuntaskan serangkaian tugas. Berdasarkan studi tersebut, ada nilai tersendiri dari busana atau aksesori yan dipakai saat bekerja.

Sementara itu Maldonado mengatakan banyak orang menjadi lebih percaya diri dan lebih bahagia ketika menyukai pakaian yang dikenakan.

"Jika pakaian kerjamu membuat lebih produktif, maka kamu akan bergantung pada pakaian itu untuk merasa produktif," jelas Maldonaldo.

Kendati demikian Maldonaldo menjelaskan bahwa Anda tidak harus mengenakan pakaian kantor di rumah agar bisa produktif. Ia hanya menekankan pentingnya memakai busana yang bisa mamcu produktivitas.

"Tampilan kantor sepenuhnya bisa terasa sedikit berlebihan bila bekerja di rumah, sedangkan tampilan santai di rumah saat bekerja dapat menurunkan motivasi," jelas Maldonaldo.

Lantas pakaian seperti apa yang tepat untuk dikenakan? "Kenakan pakaian kasual yang bersih, yang membuat Anda merasa pintar dan menyenangkan hati," ujar Maldonaldo.

Kaos putih yang bersih dipadu dengan kulot longgar bisa menjadi pilihan bagi Anda. "Pada intinya gunakan bahan pakaian yang bisa membuat Anda merasa nyaman dan warna busana yang membuat Anda tersenyum," tambah Maldonaldo.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."