Berpakaian Longgar, Cara Billie Eilish Mencintai Tubuhnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Billie Eilish berpose saat menghadiri Brit Awards di O2 Arena, London, Inggris, 18 Februari 2020. Penyanyi 18 tahun itu tampil unik mengenakan busana dari koleksi Burberry dari ujung kepala sampai ujung kaki.  REUTERS/Simon Dawson

Billie Eilish berpose saat menghadiri Brit Awards di O2 Arena, London, Inggris, 18 Februari 2020. Penyanyi 18 tahun itu tampil unik mengenakan busana dari koleksi Burberry dari ujung kepala sampai ujung kaki. REUTERS/Simon Dawson

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaBillie Eilish salah satu selebriti dunia yang menyuarakan para perempuan untuk melawan body shaming. Ia kembali menyebutkan tentang body shaming dan body positivity atau tubuh positif di pembukaan tur musiknya di American Airlines Arena Miami, Amerika Serikat, Senin, 9 Maret 2020 waktu setempat. Dalam sebuah video, penyanyi 18 tahun ini mengatakan bahwa ia sengaja selalu mengenakan pakaian longgar sejak dulu agar orang-orang tidak dapat menilai tubuhnya.

“Beberapa orang membenci apa yang saya kenakan, beberapa orang memujinya. Sebagian orang menggunakannya untuk mempermalukan orang lain, sebagian lagi menggunakannya untuk mempermalukan saya,” katanya dalam klip itu, seperti dikutip dari People dari The Guardian, Selasa, 10 Maret 2020.

Ia menambahkan, jika ia mengikuti apa kata orang, baik yang membenci atau yang menyukai, ia tidak akan bisa bergerak. Maka dari itu, ia mengajak fansnya melawan body shaming dan mencintai tubuh apa adanya. 

Dalam selingan video selama pertunjukan yang beredar, Billie Eilish tampak melepas tank top perlahan-lahan, lalu tenggelam dalam cairan hitam.

“Tubuhku sejak lahir, bukankah itu yang kau inginkan? Jika apa yang saya kenakan nyaman, saya bukan seorang wanita. Jika saya membuka penutupnya, saya pelacur,” tutur ia. "Meskipun kamu belum pernah melihat tubuhku, kamu masih menghakimi dan menilai saya untuk itu. Mengapa?"

Setelah bicara tentang body shaming terhadap perempuan, pemenang Grammy ini menegaskan bahwa pendapat orang lain tidak akan mempengaruhinya.

Selama berkarier, Billie Eilish memiliki gaya khas baik secara musik maupun cara berpakaian. Meski musiknya cenderung ke pop, gaya berpakaiannya sangat jauh dari bintang pop pada umumnya. Ia lebih senang mengenakan pakaian longgar atau kebesaran karena tak ingin tubuhnya dinilai orang lain.

Ini bukan pertama kalinya ia membahas pemilihan busana. Dalam iklan Calvin Klein 2019, Billie Eilish menguraikan gayanya, "Tidak ada yang bisa berpendapat karena mereka belum melihat apa yang ada di baliknya. Tidak ada yang bisa bilang, 'ia langsing,' 'ia tidak langsing,' 'ia punya bokong yang rata,' 'ia punya bokong yang gemuk.' Tidak ada yang bisa mengatakan semua itu karena mereka tidak tahu.”

Selain itu, entah banyak orang tahu ataupun tidak, Billie juga berjuang menghadapi dysmorphia atau rasa cemas berlebihan terhadap kelemahan atau kekurangan dari penampilan fisik diri sendiri.

Tahun lalu, ia mengatakan kepada Rolling Stone bahwa ia tidak pernah merasa nyaman dengan pakaian yang berukuran ketat. Ia juga mengatakan bahwa di masa lalu sangat menghindari cermin karena masalah citra tubuh.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."