Kegiatan Susi Pudjiastuti di Tengah Pandemi Corona

Susi Pudjiastuti saat berada di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Foto diunggah di Instagram pada 12 Januari 2020. Instagram.com/@susipudjiastuti115

ragam

Kegiatan Susi Pudjiastuti di Tengah Pandemi Corona

Jumat, 10 April 2020 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Susi Pudjiastuti tengah menikmati waktu bersama keluarga usai menuntaskan tugasnya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja 2014-2015. Dari sejumlah unggahan Instagram ia, di awal tahun ini ia banyak bertandang ke daerah-daerah di Indonesia seperti Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur serta Merauke dan Wamena di Papua.

Di masa pandemi virus corona baru atau COVID-19, Susi terlihat mengkarantina diri bersama keluarga di Pangandaran, Jawa Barat. Beberapa kali ia membagikan tips untuk menangkal virus corona mulai dari rutin cuci tangan dan jaga jarak fisik.

Dalam unggahan terbarunya di Instagram pada 10 April 2020, pemilik maskapai Susi Air ini mengisahkan kegiatannya yang tak jauh dari laut dan nelayan.

Di video itu, Susi tampak membersihkan 14 ekor ikan belanak yang dibelinya dari nelayan. Menurutnya, ia sengaja membersihkan ikan di pancuran air di luar rumah guna menghindari virus atau bakteri terbawa masuk ke dalam rumah. Usai mencucinya, satu per satu ikan dimasukkan ke dalam ember warna oranye muda. 

"Pulang tadi dari laut dari pinggir pantai. Saya lihat tadi ada dua orang nelayan jala, dapetnya ikan belanak besar-besar. Dua kilo dua ons, mereka cuma minta 30 ribu," jelas Susi yang berbusana warna biru.

Menurut Susi, ikan belanak cocok diolah dengan dibakar atau digoreng. Lalu, disantap dengan sambal. Selain berbagi tips olahan ikan belanak, ia juga mengisahkan kondisi nelayan yang ditemuinya.

"Pantainya sepi sekali, nelayan juga enggak ada yang melaut," tuturnya. Di ujung video tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada nelayan dan mengingatkan pentingnya karantina diri serta tak berdekatan dengan orang lain untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Mendengar tips olahan ikan belanak dari Susi Pudjiastuti, sejumlah warganet ikut berkomentar.

"Dibikin pepes lebih mantul, bu," saran akun @dapur_rita. 

"Digoreng + sambel trasi mantab banget, bu," tulis akun @ucisubono.

"Ikan kapasan ga musim yah bu? Enak digoreng kering tuh...sy kalo k Pangandaran carinya ikan kapasan," seru akun @hermanst2718.

Selain mengomentari olahan ikan, warganet tak lupa mendoakan kesehatan perempuan kelahiran 15 Januari 1965 ini.