Hindari 4 Kesalahan Ini saat Memakai dan Melepas Masker

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi masker kain. ANTARA/Arif Firmansyah

Ilustrasi masker kain. ANTARA/Arif Firmansyah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua orang sehat diimbau memakai masker kain saat ke luar rumah oleh Pemerintah Indonesia sejak akhir pekan silam. Agar efektif mengurangi risiko terinfeksi virus corona baru atau COVID-19, ada sejumlah kesalahan yang harus dihindari seperti berikut.

1. Memakai dan melepas masker terburu-buru

Kesalahan yang banyak dilakukan orang adalah memakainya atau melepasnya dengan terburu-buru. Ada prosedur penggunaan masker yang perlu Anda ketahui. Sebelum mengenakannya, pastikan tangan Anda bersih dan disterilkan sehingga Anda tidak menyebarkan kuman ke masker, baru memakainya sebelum keluar rumah. 

Melepasnya pun dengan cara yang sama, jangan terburu-buru. Setelah kembali ke rumah, bersihkan tangan dan lepaskan masker dengan memegang tali di kedua sisinya. Anda juga dapat menggunakan air panas untuk mencuci atau mendisinfeksi masker kain buatan sendiri setiap kali Anda melepasnya.

2. Hanya menutupi mulut atau ukurannya tidak pas

Pastikan masker menutupi area hidung dan mulut dengan ukuran yang pas. Masker yang hanya menutupi area mulut dapat memungkinkan kuman dan virus masuk ke dalam saluran hidung dan menyebarkan infeksi. Selain itu, masker yang tidak pas juga tidak efisien dalam menghentikan perpindahan virus. 

3. Menyentuh masker

Hindari menyentuh masker. Selain melepasnya dengan memegang tali di kedua sisinya, penting juga untuk tidak menyentuh bagian luar masker. Sebab bagian itu menjadi tempat yang mudah terkontaminasi dan menyebarkan virus atau kuman ke permukaan lain.

4. Melepas masker saat bicara

Berbicara dengan memakai masker mungkin tampak sulit, tetapi bukan berarti Anda melepasnya untuk berbicara dengan orang di sekitar Anda. Ingat, virus corona menyebar melalui percikan air liur atau bersin orang yang terinfeksi. Ingat, kadang-kadang orang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apa pun).

Memakai masker wajah dapat menurunkan penyebaran infeksi. Tapi ingat, ini baru bekerja jika Anda juga menjalankan langkah-langkah keamanan lain seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya 20 detik, sanitasi, dan menjaga jarak sosial.

MILA NOVITA | TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."