Hamil Tua di Pandemi Corona, Mona Ratuliu Cari Cara Bahagia

Mona Ratuliu. Instagram/@monaratuliu

ragam

Hamil Tua di Pandemi Corona, Mona Ratuliu Cari Cara Bahagia

Selasa, 7 April 2020 12:50 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA. COM, JAKARTA - Di tengah pandemi corona, semua kalangan mencicipi perubahan dalam rutinitasnya. Termasuk ibu hamil seperti presenter Mona Ratuliu. Di usia kehamilan delapan bulan, Mona perlu persiapan khusus sebelum pemeriksaan ke dokter dan mengontrol pikirannya agar tidak cemas dengan situasi sekarang.

Menurut Mona, ia mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang dianjurkan dokter kandungan contohnya jaga jarak fisik atau physical distancing saat ke rumah sakit.

"Jadi kalau aku periksa kehamilan di rumah sakit bersalin atau dokter praktik khusus ibu dan anak jadi nggak campur sama rumah sakit umum. Lalu bisa minta bantuan suami apakah di rumah sakit ramai apa enggak, bisa janjian atau telpon ada jadwal apa enggak. Jadi nggak terlalu ramai kalau pas antre di ruang tunggu," ucap Mona dalam bincang online Tetap Tenang di Masa Kehamilan di Instagram LiveMother & Baby, Senin 6 April 2020.

Istri Indra Brasco ini juga memilih bertanya apa pun ke dokternya demi kesehatan kandungannya, termasuk apakah sebaiknya tetap kontrol kehamilan di rumah sakit atau ditunda. 

Selain itu, sama seperti masyarakat pada umumnya, Mona Ratuliu mengisahkan sejumlah rencana ditunda demi mencegah penularan virus corona. Ia sempat berencana ikut kelas hypnobirth, belanja persiapan bayi, dan pijat.

Menyikapi hal itu, perempuan 38 tahun ini sadar betul harus menyiasati pikirannya agar tidak kewalahan. Alhasil, ia memutuskan trik hanya memikirkan apa yang harus dilakukan minggu ini. Ia menghindari memikirkan sesuatu terlalu jauh di masa ini agar tidak cemas. 

"Prioritas gimana kita nyamannya dulu badan, bikin nyaman dan bahagia diri sendiri dengan cerita sama suami, anak-anak mijitin, beli makan kesukaan, mandi air hangat. Kemudian kita cari faktor yang bikin panik itu apa dan menghindarinya," ucap Mona.

Ia juga menekankan pentingnya ibu hamil tenang agar bayi dalam kandungan merasa nyaman. "Jadi kudu cari cara supaya tetap bahagia dan berusaha membuat nyaman, misal dipijitin suami atau nonton film kesukaan. Berita soal COVID-19 jika mengganggu bisa dihindari, begitu pun social media distancing juga boleh dicoba," pungkasnya.