Akibat Virus Corona, Desainer Sepatu Asal Italia Wafat di Usia 84

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Desainer sepatu asal Italia, Sergio Rossi (Instagram/@gianvitorossi)

Desainer sepatu asal Italia, Sergio Rossi (Instagram/@gianvitorossi)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer sepatu Sergio Rossi wafat pada Kamis, 2 April 2020 di usia 84 tahun. Ia meninggal karena komplikasi virus corona baru atau COVID-19. Ia sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa hari di Rumah Sakit Bufalini di Cesena, Italia. 

“Hari ini semua orang di Sergio Rossi bergabung dengan saya untuk mengenang Sergio kita tercinta, pendiri impian kita yang menginspirasi. Sergio Rossi adalah seorang master, dan merupakan kehormatan besar bagi saya untuk bertemu dengannya dan mendapatkan arsipnya awal tahun ini,” tutur CEO Sergio Rossi, Riccardo Sciutto.

Sciutto menambahkan bahwa Rossi memiliki kemampuan menangkap feminitas wanita dengan cara yang unik, lalu menciptakan bentuk sempurna dari kaki wanita melalui sepatunya.

“Sejarah panjang dan mulia kami dimulai dari visinya yang luar biasa dan kami akan mengingat kreativitasnya selamanya,” ujarnya.

Rossi lahir di San Mauro Pascoli, Italia, pada 1935. Ia mulai mendesain sepatu pada 1950-an. Pada 1966 ia menjual produknya, lalu secara resmi meluncurkan merek pada1968. Ia tetap memegang kendali labelnya sampai 2004, sebelum dijual ke grup Kering, pemilik brand Yves Saint Laurent.

Meski begitu, pembuatan sepatu tetap menjadi bagian penting dari kehidupan Rossi. Ia dan putranya, Gianvito Rossi, kemudian meluncurkan koleksi alas kakinya sendiri pada tahun 2006.

"Selamat tinggal, Maestro," Gianvito menggunggah foto ayahnya di Instagram.

Selama lima dekade kariernya di bidang alas kaki, Rossi berkolaborasi dengan sosok ternama seperti Azzedine Alaïa, Gianni Versace, dan Domenico Dolce dan Stefano Gabbana. Karyanya dipakai para selebriti mulai dari Rihanna hingga Laura Dern.

Bulan lalu, Sergio Rossi menyumbangkan 100.000 Euro atau sekitar Rp 1,8 miliar ke rumah sakit Sacco di Milan untuk mengatasi pandemi virus corona di Italia.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."