Ahli Gizi: Kurangi Kopi dan Makanan Pedas saat Karantina Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi makanan pedas (pixabay.com)

ilustrasi makanan pedas (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam anjuran dokter agar kita tetap bugar dan sehat selama menjalankan karantina diri di rumah guna memutus mata rantai virus corona baru atau COVID-19. Contohnya tetap berolahraga selama 20-25 menit di area rumah, pertahankan pola hidup bersih hingga tidak telat makan, dan perbanyak minum air putih. 

Terkait jenis makanan dan minuman, ternyata ada yang disarankan untuk dikurangi selama karantina diri, yaitu makanan pedas dan kopi. Alasannya? 

"Masyarakat sudah mulai karantina mandiri. Jika salah satu efeknya ialah stres, maka yang pertama harus dikurangi adalah minum kopi," kata Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ali Khomsan.

Kemudian, sebaiknya saat stres tidak banyak makan yang pedas-pedas serta mengurangi konsumsi makanan yang membuat lambung tidak nyaman, termasuk pula mengurangi makanan yang terlalu manis sebab dapat memboroskan vitamin-vitamin B yang sudah masuk ke dalam dan itu tidak baik.

Ia mengatakan pola makan perlu diperhatikan sebab saat seseorang stres biasanya memicu kondisi lambung yang menjadi bermasalah.

"Selain itu, pasokan makanan empat sehat, yakni karbohidrat, lauk, sayur, dan buah juga harus tetap diperhatikan dan dikonsumsi," jelasnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."