Cari Ide Camilan? Coba Resep Gorengan Pastel ala Karina Suwandi

Bahan-bahan dan adonan gorengan pastel ala Karina Suwandi. Ia memilih masak di masa social distancing atau jaga jarak interaksi sosial dengan beraktivitas di rumah. Foto dan video ini diunggah di Instagram, Kamis, 26 Maret 2020. Instagram.com/@karina.suwandi81

kuliner

Cari Ide Camilan? Coba Resep Gorengan Pastel ala Karina Suwandi

Jumat, 27 Maret 2020 11:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama masa social distancing atau jaga jarak interaksi sosial dan beraktivitas di rumah, para selebriti berbagi unggahan di Instagram seputar kegiatannya selama berada di rumah. Ada yang olahraga, bernyanyi, bermain dengan anak, beberes rumah hingga memasak. Model senior Karina Suwandi memilih kegiatan memasak untuk diceritakan kepada warganet. 

Ia membagikan video dan foto saat membuat pastel dari bahan-bahan, cara menggulung pastel hingga menggoreng. "Ceritanya bikin pastel. Si Kiting suka pastel..aku pun. Biasa beli di pasmod Bintaro, di Home snack, enak tuu.. tapi karena stay di rumah aja ya udah coba bikin aja, hasil, dan bentuk nya agak ugal ugalan tapi pada saat yang makan bilang “enaaak” segala lelah ngadon, lipet, goreng menjadi tidak sia-sia. Di Youtube ada banyak resep nya bisa di tonton juga," tulis Karina Suwandi di Instagram Kamis, 26 Maret 2020.

Ia pun berbagi saran untuk terlebih dahulu membuat sayuran yang jadi isian pastel. Sebab isian tersebut harus dalam kondisi dingin saat dilipat ke dalam adonan.

Berikut resep adonan versi dengan olive oil atau minyak kelapa masak ala Karina Suwandi

Bahan:

- 300 gram tepung terigu protein sedang

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh gula

- 1 telur

- 2 sendok makan olive oil / minyak kelapa masak (bukan VCO)

- Air 70-80 mililiter (Setelah didiamkan, adonan akan lebih lembek jadi pada saat mencampur air jika adonan sudah menyatu maka airnya cukup)

Tambahan: 1 ekstra putih telur menempel pinggiran pastel

Cara Membuat kulit pastel:

- Campur bahan yang terdiri dari tepung, garam , gula.

- Lalu tuang di tengah, telur, dan minyak

- Aduk merata mulai di tengah sampai ke pinggir.

- Tuang air sedikit-sedikit.

- Lalu adon sampai merata saja.

- Simpan di baskom dan tutup dengan kain lembab 20 menit.

Isian pastel:

- 1 kentang ukuran besar atau 2 ukuran kecil

- 1-2 wortel

- 1/4 bawang bombay

- 2 bawang putih

- Garam

- Gula

- Lada putih

- Parsley kering/seledri.

- Tumis sampai matang, dinginkan. 

Ia menyarankan agar tidak membuat kuli pastel tebal agar lebih renyah. Tak lupa, oleskan putih telur dengan kuas untuk pinggiran pastel.

"Alternatif isi biasa sesuai selera, kalau aku sukanya seperti original pastel, keju cheddar tambah parmesan, keju tambah chopped sausage atau smoked beef," tandas perempuan kelahiran 26 Desember 1973 ini.