Selain Bau Badan, 6 Risiko Ini Mengintai saat Malas Mandi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mandi. Shutterstock

Ilustrasi mandi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa di antara Anda yang sering malas mandi? Bila ada, sebaiknya berpikir ulang. Sebab risikonya tak hanya bau badan, juga bisa bikin gangguan kulit hingga rentan sakit.

Berikut risiko kesehatan yang mengintai saat Anda melewatkan mandi seperti dikutip dari laman Bustle, Rabu, 25 Maret 2020

1. Bakteri di tubuh

Tubuh memiliki bakteri baik dan jahat. Kulit merupakan pelindung tubuh dari bakteri berbahaya, jadi mandi pun bisa mencegah kuman masuk. Terlebih lagi, mandi dapat meningkatkan rasio bakteri baik dalam tubuh Anda. Jadi, ketika Anda melewatkan mandi itu, bakteri baik berkurang dan Anda lebih rentan terhadap bakteri berbahaya.

Aishah Muhammad, seorang dokter anak dan pelatih pribadi, mengatakan setiap orang terpapar bakteri sepanjang hari. “Dengan tidak mandi, bakteri ini akan tetap ada di kulit Anda dan membuat Anda berisiko terkena berbagai jenis infeksi, termasuk infeksi kulit dan dada,” tukas ia.

2. Bau badan

Bau badan memang bukan disebabkan oleh keringat, tetapi menurut studi yang diterbitkan di  jurnal Microbiome pada 2018, bakteri yang mengkonsumsi protein tubuh dan asam lemak dapat mengeluarkan gas yang berbau. Ketika Anda melewatkan mandi selama beberapa hari, bakteri itu dapat menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan bau yang tidak menyenangkan.

“Bau tubuh terbentuk secara alami sebagai akibat bakteri pada kulit yang memecah keringat menjadi asam. Dengan tidak mandi sambil terus berkeringat, bau busuk akan semakin buruk,” ujar Aishah.

Deodoran, parfum, dan tisu terkadang dapat membantu mengatasi bau, tapi bau akan kembali lagi ketika produk itu hilang.

Edison de Mello kepala petugas medis dari Pusat Pengobatan Integratif Akasha, California, Amerika Serikat menambahkan, bau badan juga bisa mempengaruhi kesehatan mental. "Demi kesehatan mentalmu, pastikan kamu cukup mandi untuk menjaga agar bau badan hilang. Menurut sebuah studi pada 2015 tentang pemecah masalah hubungan oleh Peter Jonason & partner, bau badan berada di jajaran atas penyebab putusnya hubungan.

3. Kulit berjerawat

Ketika Anda tidak mandi secara teratur, kulit Anda bisa menjadi berminyak dan menyebabkan noda dan berjerawat. Kulit Anda bisa berkeringat sepanjang hari, tidak mandi berarti membiarkan bakteri yang mudah menempel tidak dibersihkan secara menyeluruh.

"Sebum (lapisan minyak) yang dihasilkan oleh kulit menumpuk ketika Anda tidak mandi," kata Aishah. "Ini, bersama dengan bakteri yang hidup di kulit, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbulnya bintik-bintik."

Mencuci wajah di pagi dan malam hari dapat membantu melindungi dari jerawat, tapi mandi akan membantu Anda tidak mudah berjerawat. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."