Selain Bau Badan, 6 Risiko Ini Mengintai saat Malas Mandi

Ilustrasi mandi. Shutterstock

kesehatan

Selain Bau Badan, 6 Risiko Ini Mengintai saat Malas Mandi

Kamis, 26 Maret 2020 06:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

4. Lebih rentan sakit

Saat mandi, Anda membersihkan kuman selama beraktivitas, termasuk yang bisa masuk ke tubuh Anda melalui mata, mulut, dan hidung. Namun, jika Anda rajin mandi dan mencuci tangan, dapat membantu mencegah penyakit.

"Dengan tidak mandi, Anda lebih mungkin terpapar banyak bakteri berbeda di tangan dan wajah Anda," ujar Aishah. "Ini membuat Anda lebih berisiko terkena pilek atau infeksi karena mungkin ada bakteri.”

5. Kulit kering

Jika Anda memiliki kondisi kulit seperti eksim, mandi secara teratur dapat membantu mencegah kambuh. The National Eczema Organization Amerika Serikat merekomendasikan mandi sekali sehari untuk menggantikan kelembapan di kulit Anda.

"Kulit mati dan lemak secara alami berkumpul di lapisan atas kulit. Dengan tidak mandi, penumpukan ini dapat membuat kulit terasa gatal dan kering,” Aishah menjabarkan.

Tipsnya, mandi dengan lebih singkat dan hindari air hangat. Setelah mandi, lanjutnya dengan mengaplikasikan pelembap sambil dipijat perlahan.

6. Rambut berminyak

Sebagian orang rambutnya mudah berminyak setelah tidak keramas dua hari. Ini bisa menyebabkan jerawat jika terkena kulit wajah atau punggung.

“Kelenjar sebaceous melepaskan zat berminyak yang disebut sebum yang memberi rambut Anda kilau alami; Namun, ketika kelebihan sebum menumpuk, rambut Anda akan berminyak,” kata  Aishah.

Ia melanjutkan, jika tidak mencuci selama beberapa hari, sel-sel kulit yang berminyak, kotor, dan mati akan menumpuk sehingga kulit kepala terasa gatal dan kering.

7. Bintik cokelat di kulit

Kondisi ini memang jarang terjadi, tapi Anda bisa mengalami bercak cokelat di kulit jika terus-terusan malas mandi. “Dermatitis neglecta adalah kondisi kulit langka yang dapat berkembang sebagai akibat dari tidak menjaga kebersihan di mana sel-sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan bercak pada kulit,” tandas Aishah. 

Kondisi ini dapat terjadi ketika kotoran menumpuk di kulit Anda karena keringat. Untungnya risiko ini tidak muncul jika Anda hanya sesekali melewatkan mandi.

Jadi, ada baiknya Anda tidak melewatkan mandi meskipun berhari-hari di rumah saja. Sebab, kebersihan pribadi merupakan bagian penting dari kesehatan fisik dan pikiran Anda.

MILA NOVITA