Cara Mencuci Pakaian saat Anda dari Wilayah Positif Virus Corona

Ilustrasi mencuci pakaian (Pixabay.com)

kesehatan

Cara Mencuci Pakaian saat Anda dari Wilayah Positif Virus Corona

Minggu, 22 Maret 2020 11:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Virus corona baru atau COVID-19 ditularkan lewat droplets atau percikan bersin atau batuk oleh orang yang terjangkit virus tersebut. Jika ia batuk atau bersin dan tidak menutupinya bisa saja virus itu menempel ke benda-benda yang ada di sekitarnya dalam jarak maksimal dua meter. Oleh karena itu, saat ini ada kekhawatiran saat menyentuh benda apa pun yang sudah disentuh orang lain atau bersinggungan dengan benda lainnya di ruang publik. 

Ada pula yang risau bahwa paket dan pakaian berisiko sebagai media yang bisa menularkan virus corona. Leana Wen, mantan komisioner kesehatan Baltimore, Amerika Serikat, dalam wawancara dengan KETV7, media yang berafiliasi dengan ABC, menjelaskan mengenai hal tersebut.

Menurut Wen, sekarang ada kemungkinan bahwa Anda bisa terpapar virus corona dengan menyentuh permukaan, terutama yang tidak berpori, seperti gagang pintu dan tombol lift.

Lalu, apakah virus corona bisa dipindahkan melalui pakaian? Menurut Wen, itu bisa jadi. Meskipun, jenis permukaan yang lembut dan berpori seperti pakaian, virus akan hidup di atasnya untuk periode waktu yang jauh lebih pendek daripada pada permukaan yang keras dan tidak berpori.

Wen menganjurkan, setelah bepergian dari area atau wilayah yang terjangkit paparan virus corona, Anda sebaiknya mencuci pakaian dengan air panas dan deterjen. Tak lupa, Anda langsung mandi untuk membersihkan diri.

Jika Anda membuang atau menaruh barang-barang ke keranjang dan itu adalah wadah aluminium atau wadah lain, pastikan dilapisi dengan alas sekali buang atau kain yang bisa Anda cuci sendiri.

Ilustrasi paket. Pixabay

Bagaimana dengan risiko tertular virus corona dari paket? Paket biasanya terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama di luar ruang, sangat tidak mungkin menularkan corona. Belum ada laporan kasus terkait penularan soal paket.

"Saya akan mengatakan, sekali lagi, hal terpenting yang dapat kita lakukan, saya tahu kita mendengar ini berulang-ulang, adalah mencuci tangan. Tetapi juga menjaga jarak yang aman dari orang lain adalah cara terbaik untuk melindungi diri sendiri," katanya.