Ayu Ting Ting Keseleo, Simak Penanganan Pertama Kaki Terkilir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ayu Ting Ting. Instagram Ayutingting92

Ayu Ting Ting. Instagram Ayutingting92

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Ayu Ting Ting mengalami cedera di kaki. Dalam fitur Instagram Story, Ayu Ting Ting menunjukkan pergelangan kaki kanannya yang dibebat dan direndam air es.

Pada Sabtu malam, 14 Maret 2020, Ayu Ting Ting menjawab sejumlah pertanyaan dari warganet. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah kondisi kakinya yang terkilir. "Masih ngilu," tulis Ayu Ting Ting.

Seperti diketahui, Ayu Ting Ting intensif berlatih olah tubuh menjelang konsernya pada Sabtu, 28 Maret 2020. Dia melakukan berbagai gerakan untuk pertunjukannya nanti. 

Ayu Ting Ting. Instagram

Kondisi keseleo jangan dianggap remeh. Mengutip laman Sehatq, pertolongan pertama terkilir merupakan penanganan yang dilakukan pada area cedera dalam waktu 72 jam pertama setelah cedera.

Berikut empat langkah pertolongan pertama yang tepat pada pergelangan kaki yang keseleo atau terkilir:

  1. Jangan menggerakkan area kaki yang terkilir

    Jangan menggerakkan bagian kaki yang terkilir, apalagi langsung mencoba berjalan. Batasi pergerakan selama 24 hingga 48 jam setelah keseleo. Jika hendak mengubah posisi atau berpindah, minta bantuan orang lain untuk memapah atau pakai alat bantu, seperti tongkat atau kruk.

  2. Kompres dingin

    Yang dilakukan Ayu Ting Ting sudah tepat. Dia membenamkan kaki yang terkilir ke dalam baskom berisi air dan es batu. Kompres dingin ini juga dapat dilakukan dengan cara mengompres bagian yang keseleo dengan es batu berlapis handuk atau kain. Bisa juga memakai kompres dingin instan yang dijual di toko.

    Ayu Ting Ting. Instagram

    Kompres area yang cedera dengan selama 15 sampai 20 menit. Ulangi tiga hingga lima kali sehari hingga nyeri dan bengkak berkurang. Jangan mengaplikasikan es langsung ke kulit. Langkah ini malah berpotensi meningkatkan risiko kemunculan radang dingin atau frostbite.

    Dalam 24 jam pertama, bagian tubuh yang keseleo tak semestinya dikompres dengan air hangat atau dioleskan balsam otot karena dapat memicu pembengkakan.

  3. Angkat pergelangan kaki yang keseleo

    Dalam posisi berbaring, tempatkan kaki yang terkilir lebih tinggi dar jantung. Begitu juga ketika duduk, upayakan menempatkan kaki yang cedera sejajar atau lebih tinggi dari pinggang.

  4. Bebat bagian yang keseleo

    Bila memungkinkan, bebat area yang keseleo untuk membatasi pergerakan pergelangan kaki. Mulai dengan membalut perban elastis di antara jari kaki kemudian ke telapak kaki sampai tumit dan pergelangan kaki.

    Pastikan membungkus pergelangan kaki hingga beberapa sentimeter di atas bagian yang cedera dan tertutup rapat alias tak ada kulit yang terlihat. Bebat juga tidak perlu terlalu kencang agar aliran darah lancar dan tidak memicu nyeri.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."