Daftar Alat Pendeteksi dan Penangkal Virus Corona

Tim Tanggap Covid-19 Pemprov DKI Jakarta memeberikan sosialisasi cara menggunakan masker saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 8 Maret 2020. Sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup bersih dan higienis untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 atau Corona Virus. TEMPO/Muhammad Hidayat

kesehatan

Daftar Alat Pendeteksi dan Penangkal Virus Corona

Minggu, 15 Maret 2020 09:09 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Masker dan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer laku keras di pasar sejak merebaknya wabah virus corona baru atau COVID-19. Badan Kesehatan Dunia atau WHO dalam panduan untuk perlindungan dasarnya menyarankan orang sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau cairan alkohol.

Berikut ini perangkat teknologi yang paling dicari orang untuk memeriksa gejala penyakit, mendeteksi adanya bibit penyakit, dan membersihkan tangan atau benda.

  1. Termometer InframerahAlat pengukur suhu tubuh inframerah digital The Lasergrip 800 dari Etekcity dipilih oleh majalah digital Gear Hungry sebagai Best Choice. Alat ini dapat mengukur temperatur obyek dari -50 derajat Celsius hingga 750 derajat Celsius. Agar pengukurannya akurat, jarak antara benda dan alat ini harus sekitar 36 sentimeter, hasilnya akan muncul dalam 0,8 detik.

    Termometer inframerah digital The Lasergrip 800 dari Etekcity.

    Harga: Rp 367 ribu

  2. Tongkat Anti-kumanTongkat Cleanwave Portable Sanitizing Wand dari Verilux ini dapat membersihkan permukaan barang dari virus, bakteri, jamur, bau, dan alergen. Barang-barang tersebut antara lain telepon seluler, pengendali jarak jauh, mainan, keran, dan papan tik. Cleanwave tak menggunakan bahan kimia, melainkan teknologi sinar ultraviolet-C. Berdimensi 26,39 x 3,81 sentimeter, alat ini bisa masuk tas.

    Tongkat Cleanwave Portable Sanitizing Wand dari Verilux.

    Harga: Rp 2,12 juta

  3. Pencuci Tangan OtomatisMesin pencuci tangan otomatis Scrubzone ini dapat menghemat penggunaan air hingga 40 persen. Orang tak perlu menyentuh apa pun, hanya memasukkan tangan ke lubang selama 15 detik, tangan akan bersih dari kuman dengan disinfektan sinar ultraviolet.

    Mesin pencuci tangan otomatis Scrubzone.

    Sebagai perbandingan, jika biaya cuci tangan 50 karyawan memakai air, sabun, dan handuk dalam setahun sebesar Rp 84 juta, dengan Scrubzone cuma Rp 38 juta. Alat ini bisa dipesan ke frits@scrubzone.co.za.

  4. Termometer TempelAlat pengukur suhu tubuh Thermo dari Withings ini merupakan termometer untuk pembuluh darah arteri temporal di kepala. Tempelkan alat ini ke bagian kepala, tunggu sampai terdengar bunyi beep dua kali, maka hasil pengukuran akan ditampilkan. Dapat menyimpan pengukuran hingga delapan orang sekaligus. Hasil pengukuran dapat dikirimkan ke aplikasi di ponsel pintar.

    Termometer Thermo dari Withings.

    Harga: Rp 1,57 juta