Berangkat ke Kantor Lebih Awal Cegah Risiko Paparan Virus Corona

Ilustrasi penumpang kereta. Dok. TEMPO/M. Iqbal Ichsan

kesehatan

Berangkat ke Kantor Lebih Awal Cegah Risiko Paparan Virus Corona

Rabu, 4 Maret 2020 11:55 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Virus corona atau COVID-19 menjadi perhatian di dunia kesehatan saat ini. Belum ada vaksin yang terbukti klinis mampu menangkal virus tersebut.

Sejuah ini, para ahli kesehatan menyarankan agar masyakarat menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan. Ahli mikrobiologi dari Universitas Arizona, Amerika Serikat, Charles Gerba mengatakan virus corona yang tersebar melalui udara ini punya banyak peluang untuk menular, terutama di ruang publik.

Mengutip New York Post, Charles Gerba menyampaikan beberapa langkah sederhana untuk mengantisipasi persebaran virus corona. Pertama, hindari menggunakan transportasi umum di waktu padat.

"Di jam-jam tertentu, kendaraan umum kerap padat penumpang dan ini meningkatkan risiko Anda tertular kuman, terutama yang ditransmisikan dari batuk dan bersin," kata Charles Gerba seperti dikutip dari New York Post. Jika kamu harus menghindari jam-jam sibuk, menurut dia, sebaiknya berangkat ke kantor lebih awal ketimbang harus berjibaku dengan banyak orang.

Baca: Wabah Virus Corona, Simak Berbagai Salam Pengganti Jabat Tangan

Kedua, menjaga kebersihan tangan. Charles Gerba menyarankan segera cuci tangan dengan air dan sabun atau gunakan hand sinitizer setelah turun dari kendaraan umum. Cara ini, menurut dia, lebih efektif membunuh virus ketimbang memakai masker dan sarung tangan karet.

Ketiga, hindari kerumunan. Kerumunan di sini bisa berupa kepadatan di kendaraan umum tadi atau saat datang ke pertunjukan atau pusat keramaian. "Semakin banyak orang yang ada di sekitarmu, berarti kian terbuka kesempatan untuk disentuh seseorang yang tidak membersihkan tangan mereka dengan benar," kata Gerba.

Keempat, jauhi orang yang batuk dan bersin. Jangan khawatir kamu dianggap tak sopan ketika menghindari orang yang sedang batuk atau bersin di sekitarmu. Publik kini sudah lebih menyadari urgensi kesehatan.

Kelima, perhatikan barang bawaan. Charles Gerba menyarankan agar tas belanja atau segala sesuatu yang sebelumnya diletakkan di lantai kendaraan umum agar dibersihkan sebelum masuk ke rumah. "Terkadang orang menaruh tas jinjing mereka di bawah dekat kursi atau bahkan sampai menyentuh tanah, bersihkan segera dengan disinfektan," katanya.

Baca juga: Cara Membedakan Masker Asli dan Palsu untuk Cegah Virus Corona

Keenam, hindari memegang ponsel selama dalam perjalanan. Ketika jarimu berpegangan ke tiang, menyentuh kursi, atau apapun yang ada di sepanjang perjalanan, maka jari itulah yang juga menyentuh ponselmu. Artinya, ponsel bisa menjadi sarang kuman.

Kalaupun terpaksa, hindari sentuhan ponsel pada pipi dan telinga ketika melakukan komunikasi melalui telepon. Gunakan alkohol untuk membersihkan layar ponsel segera setelah sampai di kantor atau kembali ke rumah.

Ketujuh, jangan makan di perjalanan. "Tanpa sadar, orang lebih sering menyentuh wajah saat makan dan minum," kata Charles Gerba. Jadi, ingatlah tujuh aturan main di ruang publik ini untuk mengantisipasi persebaran virus corona dan menjaga kesehatan diri.